Gol Odemwingie Menangkan Madura United

BolaSempak – Madura United berhasil mencuri kemenangan dari markas Persija Jakarta dengan susah payah. Bertandang ke Stadion Patriot Candrabhaga, Madura United berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan Madura United dicetak oleh marquee player mereka, Peter Odemwingie.

 

Bagi Persija, kekalahan ini membuat mereka menelan kekalahan kedua secara berturut-turut setelah sebelumnya takluk saat bertandang ke markas PSM Makassar. Sementara Madura United meraih kemenangan keduanya di ajang Liga 1 2017 ini dan saat ini telah memiliki tujuh poin dari empat laga.

 

Tuan rumah Persija mencoba untuk menekan sejak awal laga. Umpan dari Rohit Chand dimanfaatkan oleh Bruno Lopes, tetapi sebelum mengarah ke gawang bola sudah terlebih dahulu disapu oleh Rifad Marasabessy. Laga yang sempat berjalan cepat dan menarik kemudian mulai melambat, kendati Odemwingie mampu membuat lini pertahanan tuan rumah kocar kacir akibat aksi individualnya, tetapi tidak ada peluang bersih yang tercipta.

 

Hal yang sama juga dilakukan marquee player dari Persija, yakni Bruno Lopes. Sama seperti Odemwingie, pemain asal Brazil tersebut itu juga kerap harus melakukan aksi individual karena tidak adanya dukungan dari rekan satu tim. Laga di babak pertama kemudian berjalan monoton karena serangan kedua tim kerap gagal dan ditutup dengan kartu kuning bagi masing-masing tim. Tanjung Sugiarto dari Madura United dan Irfandi Zein bagi Persija diganjar kartu kuning oleh wasit akibat pelanggaran.

 

Pelatih Gomes de Olivera akhirnya memutuskan untuk menurunkan mantan pemain Persija, Greg Nwokolo untuk mengubah dinamikan permainan tim. Greg dipasang sebagai target man di lini depan, dan kehadiran pemain yang sudah menjadi warga negara Indonesia ini membuat pertahanan Persija sempat direpotkan.

 

Skor kacamata akhirnya berubah di menit ke-69 melalui sepakan keras dari Odemwingie. Mantan pemain dari West Bromwich Albion dan Stoke City tersebut melepaskan tembakan keras dari luar kotak pinalti. Laju bola tidak dapat ditahan oleh penjaga gawang Andritany Ardhiyasa yang sebelumnya sempat menggagalkan satu peluang dari penyerang asal Nigeria ini. 1-0, tim tamu Madura United memimpin.

 

Tertinggal satu gol membuat Macan Kemayoran seakan tersentak dan meningkatkan serangan. Tetapi upaya mereka seakan belum dinaungi Dewi Fortuna karena dua peluang yang mereka dapatkan dimentahkan tiang gawang. Sundulan dari Maman Abdurrahman mengenai mistar gawang, sementara sepakan keras Lopes juga menemui nasib yang sama.

 

Persija nyaris menyamakan kedudukan lewat pemain veteran yang masuk di babak kedua, Bambang Pamungkas. Tetapi sundulan pemain berjuluk Bepe tersebut terhalang rekan sendiri, yakni Maman dan gagal masuk ke dalam gawang. Hingga pertandingan berakhir, skor 1-0 tidak berubah. (AA)