Zinedine Zidane – Rekor di Liga Champions dan La Liga Bersama Real Madrid

BolaSempak Perjalanan Real Madrid untuk menghadapi Getafe di La Liga pada Sabtu malam akhirnya menandai pertandingan ke-100 Zinedine Zidane sebagai pelatih klub tersebut di semua kompetisi, sebuah masa jabatan yang telah melampaui kesuksesan karir ketika aktif bermain di Santiago Bernabeu.

 

Sebelumnya diangkat sebagai asisten Carlo Ancelotti, Zidane mendapatkan promosi setelah mengelola tim Castilla untuk menggantikan Rafael Benitez yang dipecat pada Januari 2016 lalu.

 

Mantan pemain internasional Prancis itu langsung memenangkan Liga Champions dengan mengorbankan Atletico Madrid yang berlangsung di kota Milan setelah lima bulan bertugas.

 

Dia membuktikan bahwa kemenangan tersebut bukan suatu kebetulan pada musim lalu, dengan Madrid memenangkan La Liga dan menjadi tim pertama yang mempertahankan trofi Eropa dalam format sekarang.

 

Mereka juga telah memenangkan FIFA Club World Cup, Supercopa de Espana dan UEFA Super Cup dua kali dengan mantan bintang Juventus tersebut di bangku kepelatihan.

 

Setelah kembali memenangkan pertandingan La Liga di Coliseum Alfonso Perez, tepatnya dengan skor 1-2 atas Getafe,  berikut adalah rekor yang dihasilkan seorang Zinedine Zidane selama melatih klub berjuluk Los Blancos.

 

 

1 – Zidane adalah pelatih Real Madrid pertama yang tetap tak terkalahkan di tiga pertandingan El Clasico pertama sebagai tim tamu di Camp Nou (W2 D1).

1 – Dia adalah orang pertama yang menjadi juara dunia sebagai pemain dan pelatih Madrid (Intercontinental Cup & FIFA Club World Cup).

4 – Zidane telah memenangkan empat UEFA Super Cup sebagai pemain dan pelatih (1996 dengan Juventus dan 2002, 2016, 2017 bersama Real Madrid).

2 – Dia adalah pelatih kedua yang memenangkan UEFA Super Cup dalam dua musim berturut-turut, yang pertama adalah Arrigo Sacchi di AC Milan pada tahun 1990.

73 – Di bawah kepemimpinan Zidane, Real Madrid telah mencapai rekor tanpa kalah terpanjang dalam sepakbola Eropa (73 pertandingan).

3 – Zidane adalah pelatih ketiga Real Madrid yang mencapai final Piala Eropa / Liga Champions berturut-turut, yang pertama sejak Luis Carniglia pada tahun 1959.

40 – Real Madrid di bawah kepelatihan Zidane mencapai rekor tak terkalahkan terpanjang di La Liga (40 pertandingan).