Totti, Derby della Capitale dan Statistiknya

Francesco Totti

BolaSempakFrancesco Totti mengatakan akhir pekan lalu bahwa Roma ingin “menghancurkan” Lazio, dalam apa yang bisa menjadi Derby della Capitale terakhirnya.

 

Kapten Giallorossi berusia 40 tahun akan mengakhiri kontrak pada musim ini, dan belum jelas apakah dia berniat untuk gantung sepatu, atau bertahan jika klub tersebut akan menawarkan perpanjangan.

 

Hal itu berarti derby kemarin sore (30/4/2017) mungkin menjadi yang terakhir dari Er Pupone, namun dia hanya datang sebagai pemain pengganti di menit ke-73 untuk menggantikan De Rossi ketika timnya harus mengakui keunggulan Lazio dengan skor 1-3.

 

Andai saja dia tampil selama 90 menit, mungkin dia bisa memberikan banyak hal positif untuk rekan-rekannya, tapi setidaknya dia telah membuat penampilan ke-44 di derby kota Roma.

 

Yang pertama terjadi pada bulan Maret tahun 1994, ketika Torri masih berusia 17 tahun bermain dari bangku cadangan dan mendapatkan penalti saat Il Lupi tertinggal 1-0. Namun Giuseppe Giannini gagal emngeksekusi tendangannya, memastikan pengalaman derby pertama Totti menjadi sebuah kekalahan.

 

Itu bukan pengalaman yang dia terlalu akrab dengannya dan sampai saat ini, dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa di derby Roma dengan catatan 11 gol (semuanya terjadi di Serie A).

 

Tidak hanyasering menjebol gawang Biancocelesti (julukan Lazio), tidak ada yang bisa menyamai rekor Totti melawan rival sekotanya itu.

 

Pada bulan April tahun 1999 (setelah mencetak gol ketiga dalam kemenangan 3-1) Totti menunjukkan sebuah kaos bertuliskan “vi ho purgato ancora” (Saya telah membersihkan tim ini).

 

Pada Januari tahun 2015 (penampilan ke-40 bagi Totti di Derby della Capitale) dampak positifnya terus berlanjut, ketika suasana di pihak Giallorossi terlihat menyenangkan setelah kapten itu mencetak dua gol untuk membalikkan defisit 2-0, dan Er Pupone berselebrasi dengan cara selfie bersama Curva Sud.

 

Pihak Biancocelesti saat ini berhasil menunjukkan bahwa Totti mengalami banyak kekalahan dalam sejarah derby. Tapi di sisi lain, dia juga memenangkan derby lebih banyak dari siapapun.

 

Setelah kemenangan derby pada tahun 2015, Totti kembali menyunjukkan kaos bertuliskan: “Anda selalu berbicara, jadi apa yang akan Anda temukan sekarang?”.

 

Catatan Francesco Totti di Derby della Capitale

  • Main: 44
  • Menang: 16
  • Kalah: 17
  • Imbang: 11
  • Gol: 11