‘The Special One’ dan Perkembangan Bakat Muda di Manchester United

bolasempak.com Jose Mourinho perpanjang kontrak dengan Manchester United sampai tahun 2020 dengan opsi untuk 12 bulan lebih lanjut.

 

Wakil ketua eksekutif MU, Ed Woodward, menyoroti promosi pemain muda yang diberlakukan Mourinho dalam pengumuman klub tersebut. Manajer asal Portugal itu juga menekankan perkembangan pemain muda sebagai bagian penting dari pekerjaannya, dengan beberapa pemain mendapat kepercayaan sejak tahun 2016.

 

Tapi apakah klaim tersebut benar-benar terjadi? Berikut adalah siapa saja yang diberikan kesempatan oleh Mourinho untuk masuk ke tim reguler sejauh era kepemimpinannya di Manchester United.

 

 

MARCUS RASHFORD

Meski kedatangan Alexis Sanchez dari Arsenal tampaknya membuat Rashford kesulitan mendapat waktu bermain reguler, striker itu sebenarnya adalah ‘anak emas’ Mourinho. Dari 99 pertandingan, Rashford telah membuat 88 penampilan dan merupakan pencetak gol terbanyak kedua di era Mourinho dengan 20 gol, hanya tertinggal dari Zlatan Ibrahimovic. Rashford juga menciptakan peluang setiap 75 menit di bawah era Mourinho.

 

ANTHONY MARTIAL

Martial menjalani penampilan fantastis setelah mencetak gol dalam 3 penampilan berturut-turut di Premier League, termasuk menciptakan kemenangan 1-0 atas Burnley. Tapi apakah penampilannya akan terhambat oleh kedatangan Sanchez? Pemain internasional Prancis tersebut telah memiliki waktu bermain cukup konsisten pasca kedatangan Mourinho (2.632 menit) dalam 47 pertandingan musim ini. Martial sekarang terlibat dalam gol setiap 115 menit, sedangkan rekor sebelumnya adalah 175 menit.

 

JESSE LINGARD

Seperti Martial, Lingard sedang menikmati penampilannya di Old Trafford, dengan pemain internasional Inggris itu telah mencetak 11 gol di semua kompetisi sepanjang musim ini. Performanya juga membuatnya masuk dalam rencana Mourinho sebagai  peran nomor 10. Lingard juga telah menciptakan peluang setiap 51 menit di bawah Mourinho, dibandingkan dengan setiap 119 menit sebelum kedatangannya.

 

LUKE SHAW

Meskipun Rashford, Martial dan Lingard telah membuat langkah positif di bawah kepemimpinan Mourinho, sayangnya hal itu tidak terjadi pada Shaw. Perlu dicatat bahwa perkembangan bek kiri tu di Old Trafford mengalami penurunan sejak mengalami cedera melawan PSV pada bulan September 2015 di Liga Champions. Mourinho juga sempat melontarkan kritik pada Shaw karena si pemain terlihat bermain terlalu berhati-hati. Terlebih lagi, Mou kini lebih memilih Ashley Young di pos bek kiri dibandingkan pemain muda Inggris tersebut.

 

LAINNYA

Nama-nama seperti Timothy Fosu-Mensah, Axel Tuanzebe dan Andreas Pereira dipinjamkan ke klub lain meskipun memiliki bakat yang luar biasa. Contoh lainnya adalah Josh Harrop yang mencetak gol saat debut Premier League melawan Crystal Palace, namun kemudian dilepas ke Preston North End. Angel Gomes juga baru bermain 2 menit meskipun dianggap sebagai pemain paling cemerlang di akademi.

Namun Mourinho setidaknya mempertahankan sejarah United dengan memasukkan satu pemain muda di setiap pertandingan.