Statistik Gianluigi Buffon Yang Mencapai 1.000 Pertandingan

Gianluigi Buffon

BolaSempak Gianluigi Buffon merayakan tonggak yang luar biasa pada hari Jumat saat kiper legendaris itu membuat penampilan ke-1000 untuk klub dan negaranya (Italia).

 

Kapten Juventus dan Italia itu  mencatatkan rekor resendiri saat Azzurri menghadapi Albania di kualifikasi Piala Dunia yang berlangsung di Palermo.

 

Setelah membuat debut klub di level senior untuk Parma pada tahun 1995, Buffon masih tampil di level tertinggi 22 tahun kemudian, pada usia 39 tahun.

 

Perjalanan karirnya telah menghasilkan tujuh gelar Serie A bersama Juve, serta satu kemenangan Piala UEFA dengan Parma dan, hadiah terbesar dari semua itu, Piala Dunia dengan negaranya yang berlangsung di Jerman pada tahun 2006.

 

Pemain muda milik Milan, Gianluigi Donnarumma, sedang digadang-gadang sebagai penerus Buffon ketika veteran itu gantung sarung tangan, tapi tampaknya tidak ada tanda-tanda kiper nomor satu Italia tersebut ingin segera pensiun, melainkan ingin terus menjalani karir di Juve dan Italia.

 

Menggunakan data Opta, kita bisa melihat beberapa angka di belakang karir cemerlang seorang Buffon.

  • 168 – Penampilan Buffon melawan Albania adalah yang ke-168 untuk Italia, lebih banyak dari pemain lain.
  • 614 – Kiper itu adalah yang ketiga dalam daftar penampilan terbanyak sepanjang masa Serie A. Dia ada di belakang rekor yang dimiliki legenda Inter yaitu Javier Zanetti, sementara mantan kapten AC Milan Paolo Maldini memimpin dengan 647 penampilan.
  • 3 – Seiring dengan Maldini dan Andrea Pirlo, Buffon adalah salah satu dari tiga pemain Italia memiliki catatan lebih dari 100 penampilan di Liga Champions (103).
  • 7 – tujuh gelar Serie A.
  • 17 – Buffon memiliki 17 penampilan di final Kejuaraan Eropa, menjadi kiper paling banyak mencapai final.
  • 973 – Antara Januari dan Maret tahun lalu, Buffon memiliki 973 menit tanpa kebobolan gol di Serie A, catatan terpanjang di Serie A Italia.
  • 23 – Buffon telah menyelamatkan 23 penalti dalam karirnya (tidak termasuk adu penalti), termasuk dua dalam satu pertandingan melawan Borussia Dortmund untuk Parma di Liga Champions pada November 1997.
  • 425 – jumlah clean sheet yang dimilikinya.
  • 828 – Buffon telah kebobolan 828 kali dalam karirnya, pada tingkat rata-rata 0,83 per game.