Statistik: Apakah Ronaldo Benar-Benar Pesepakbola Terbaik 2016-17?

BolaSempak Cristiano Ronaldo memenangkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA pada hari Senin, mendapatkan salah satu penghargaan individu sepakbola dunia yang paling bergengsi setelah menghasilnya musim 2016-17 yang luar biasa.

 

Kehebatan Ronaldo di depan gawang membantu Real Madrid memenangkan FIFA Club World Cup, La Liga dan Liga Champions musim lalu, dimana dia berhasil membawa raksasa Spanyol tersebut menjadi klub pertama yang memenangkan Liga Champions beruntun dalam format modern.

 

Tapi apakah statistik tersebut menegaskan sang pemain asal Portugal sebagai pesepakbola terbaik dunia?

 

Dengan beberapa penilaian dan berdasarkan statistik, serta membandingkan apa yang terjadi musim 2016-17 dengan orang-orang yang dia kalahkan untuk penghargaan tersebut (Lionel Messi dari Barcelona dan Neymar dari Paris Saint-Germain), berikut adalah seperti apa pencapaian Ronaldo jika dibandingkan dengan duo pesepakbola Amerika Selatan.

 

 

52 – Itu adalah angka milik seorang Lionel Messi yang menjadi pencetak gol terbanyak musim lalu, yang unggul jauh atas Ronaldo sedangkan Neymar hanya memiliki 20 gol.

82.44 – Messi juga memiliki rasio menit per gol terbaik dari ketiganya, mencetak gol setiap 82,44 menit.

21 – Namun, Neymar adalah pemain yang paling banyak menciptakan assist pada musim 2016-17, meenjadi kreator dari 21 gol untuk rekan satu timnya. Messi berada di urutan kedua dengan 16 assist, sementara Ronaldo hanya memiliki 11 assist.

375 – Menit Ronaldo dalam hal rasio assist adalah yang terburuk dari ketiganya. Dia hanya menjadi kerator gol setiap 375 menit. Messi berada di posisi kedua dengan 278,25 menit per assist, namun keduanya masih jau dari pencapaian Neymar yang memiliki satu assist setiap 189,10 menit.

 

 

Jadi apakah FIFA berhak menyerahkan penghargaan itu kepada Ronaldo? Terlepas dari kontribusinya terhadap periode penuh trofi, data menunjukkan bahwa penghargaan tersebut cukup layak jika diberikan kepada Messi.

 

Meski Neymar mengalahkannya dalam hal assist dan assist per gol, Messi tidak lebih rendah dari kedua saingannya dalam kategori apapun dan langsung terlibat dalam 70 gol, lebih baik dari Ronaldo (53) dan Neymar (41). Hanya saja, jumlah trofi serta status yang lebih bergengsi mungkin menjadi keuntungan Ronaldo dalam dua musim terakhir.