Sebelum Tinggalkan Barca, Statistik Luis Enrique Unggul Atas Pep Guardiola

Luis Enrique dan Pep Guardiola

BolaSempak Luis Enrique bisa meninggalkan Barcelona dengan catatan yang lebih baik daripada persentase milik Pep Guardiola, serta masih memiliki sisa pertandingan untuk menambah catatan positif di era kepelatihannya.

 

Mantan gelandang Catalan itu mengumumkan keputusannya pekan lalu, membenarkan bahwa ia akan pergi ketika kontraknya berakhir musim ini.

 

Barca sendiri masih berjalan di tiga kompetisi, yang berarti Luis Enrique memiliki kesempatan untuk menambah trofi setelah meraih total 8 trofi, termasuk dua gelar La Liga.

 

Tapi bagaimana dia mengukur catatan pendahulunya? Berikut adalah data dari Opta untuk membandingkan catatan Luis Enrique dengan Guardiola, Tito Vilanova dan Gerardo Martino.

 

Tito Masih Unggul, Enrique Menekan Catatan Guardiola

Hal ini sebenarnya menjadi akhir membanggakan untuk Vilanova terkait persentase kemenangan terbaik dari empat manajer terakhir Barca, memimpin timnya untuk kemenangan hingga 84,2% saat memenangkan gelar La Liga.

 

Tapi pertempuran untuk supremasi antara Luis Enrique dan Guardiola bisa terlihat lebih sengit.

 

Guardiola meninggalkan Camp Nou setelah mengumpulkan tiga mahkota La Liga dan 116 kemenangan dari 152 pertandingan yang memberinya persentase kemenangan 76,3%.

 

Luis Enrique memiliki 75,2% setelah 101 pertandingan, tapi bisa melewati catatan mantan rekan setimnya dengan sisa 13 pertandingan musim ini, termasuk Clasico melawan Real Madrid di Santiago Bernabeu.

 

11 kemenangan akan menyamai catatan Guardiola, sementara 12 kemenangan akan membuat Enrique mengungguli manajer Manchester City tersebut.

 

Di sisi lain Martino mengakhiri tugas dengan persentase kemenangan LaLiga 71%.

 

Shoot-on-Target di Era Enrique

Barca era Guardiola dibumbui dengan 7.24 shoot-on-target per game, menghasilkan rata-rata 2,71 gol, sementara Vilanova (6.32 shoot-on-target, dengan 3,03 gol) dan Martino (7 shoot-on-target, dengan 2,63 gol). Sedangkan raksasa Catalans terlihat memiliki penurunan di bawah Luis Enrique, dimana skuad asuhannya hanya memiliki 3,12 shoot-on-target. Namun terlihat jauh lebih ekonomis ketika mereka rata-rata menjaringkan 2,9 gol per game.

 

Penguasaan Bola dan Passing Sebagai Prioritas

Barca menjadi terkenal karena persentase penguasaan bola di bawah Guardiola dan tim menikmati rata-rata 69,37% kepemilikan bola, dengan akurasi passing 87,91%.

 

Di era Vilanova memiliki peningkatan penguasaan bola (69,44%) dan passing hingga 89,53%. Namun angka-angka tersebut merosot di era Martino (68,1% kepemilikan bola dan 88,3% akurasi passing), dan akhirnya gaya tiki-taka Barca terlihat semakin memudar di bawah Luis Enrique. Barca memiliki 68.0% kepemilikan bola dengan 87,27 % akurasi passing.

 

Pertahanan Lebih Baik di Era Enrique

Satu area di mana Luis Enrique memiliki keunggulan adalah di lini pertahanan, dengan Barca rata-rata kebobolan 0,7 gol per game di bawah kepemimpinannya. Sedangkan era Guardiola kebobolan 0,72, dengan era Martino kebobolan 0,86 dan era Vilanova di angka 1.05.