Roy Hodgson dan Karirnya “Dalam Angka”

BolaSempak Roy Hodgson kembali ke dunia sepakbola setelah menyetujui kesepakatan untuk menggantikan Frank de Boer sebagai manajer Crystal Palace setelah tugas 77 hari manajer asal Belanda tersebut di Selhurst Park.

 

Hasilnya, Hodgson kembali ke ruang kepelatihan untuk pertama kalinya sejak meninggalkan tim nasional Inggris setelah eliminasi Euro 2016 yang memalukan dari  Islandia pada babak 16 besar.

 

Sebagai salah satu pelatih Inggris yang paling berpengalaman, Hodgson mendapat penghargaan tinggi di seluruh Eropa setelah sukses menjuarai liga bersama Halmstad, Malmo, Swiss dan Inter.

 

Dan berikut ini adalah beberapa “angka” yang terkait dengan pelatih berkebangsaan Inggris tersebut.

 

 

5 – Crystal Palace akan menjadi klub kelima Hodgson yang telah dikelola di Premier League dan yang pertama sejak meninggalkan West Brom pada tahun 2012, dengan siapa ia mencatatkan karirnya menjadi 216 pertandingan papan atas sebagai manajer klub Inggris.

3 – Hodgson akan menjadi manajer tertua ketiga yang bertanggung jawab atas pertandingan Premier League, di belakang Bobby Robson dan Alex Ferguson. Dia akan berusia 70 tahun lebih 38 hari pada hari Sabtu, jika dia bertugas melawan Southampton.

36% – Berada di The Hawthorns di mana Hodgson memiliki rasio kemenangan terbaiknya (3%), memenangkan 18 dari 50 pertandingan liga setelah mengambil alih klub yang berada di posisi terbawah klasemen.

20 – Rekor persentase kemenangan 35% tidak cukup baik saat melatih Liverpool, bagaimanapun dengan Hodgson diberhentikan setelah hanya 20 pertandingan Premier League serta 9 di antaranya merupakan kekalahan.

94 – Hodgson masih ingat dengan usaha keras selama di Fulham, di mana ia berhasil meraih 94 pertandingan terbaik Premier League antara tahun 2007 hingga 2010.

7 – Rekornya untuk memenangkan 34,04% dari pertandingan liga mungkin merupakan yang terburuk di kompetisi papan atas Inggris, namun ia menyelamatkan degradasi klub di musim pertamanya, memastikan kemenangan terbaik klub Premier League itu di posisi ke-7 pada tahun berikutnya dan kemudian membawa mereka ke final Liga Europa.

1997 – Pertama kalinya Hodgson merasakan sepakbola Premier League terjadi pada tahun 1997 saat ia ditunjuk oleh Blackburn Rovers, bertahan lebih dari satu tahun dan memimpin lebih dari 52 pertandingan sebelum dipecat pada bulan November 1998. Klub tersebut terdegradasi pada akhir musim.