Preview Kualifikasi Piala Dunia 2018: Turki vs Kroasia

BolaSempakPeluang Turki untuk melakukan penebusan setelah turnamen Euro 2016 yang menyedihkan mengalami hambatan besar lainnya pada hari Sabtu karena mereka kalah 2-0 dari Ukraina, menempatkan mereka selangkah di belakang dalam kualifikasi Piala Dunia yang memasuki tiga pertandingan terakhir.

 

Tim tuan rumah sekarang duduk di urutan ke-4 dengan defisit 3 angka sebelum mereka melawan Ukraina dan berjarak 5 poin dari Kroasia yang memuncaki klasemen, belum lagi Islandia duduk di antara mereka dan terlihat cukup kuat.

 

Sebelum kekalahan tersebut, Turki benar-benar terlihat dalam kondisi bagus, dengan empat kemenangan dari lima pertandingan terakhir dan beberapa pertunjukan yang layak. Pelaith baru juga meyakinkan Arda Turan untuk kembali setelah pensiun dari sepakbola internasional menyusul dugaan serangan seorang reporter. Ini mengakhiri tahun yang penuh gejolak bagi pemain Barcelona itu, yang secara diam-diam dicemooh oleh pendukungnya sendiri di Prancis musim panas lalu dan kemudian keluar dari skuad selama beberapa bulan.

 

Tak usah dikatakan lagi bahwa Turki sangat membutuhkan kemenangan di sini, dan mereka memiliki kesempatan bagus untuk mendapatkan sesuatu. Kemenangan Kroasia atas Kosovo sempat tertunda pada Sabtu malam karena lapangan yang terendam air, namun pertandingan dilanjutkan keesokan harinya dan Modric dkk akhirnya menang dengan skor 1-0.

 

Sebelum Kroasia menunjukkan keunggulan mereka, dimana dikalahkan 1-0 oleh Islandia, dan kekalahan di pertandingan persahabatan dengan skor 3-0 dari Estonia pada bulan Maret merupakan tanda lain yang menyulitkan. Mereka mungkin memimpin klasemen grup tapi saat ini mereka tidak melakukannya dengan meyakinkan.

 

Saat bertandang ke kandang lawan, mereka gagal menang dalam 10 dari 17 pertandingan terakhir dan kalah dua dari tiga pertandingan terakhir. Sementara itu, Turki tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan kandang terakhir dan telah memenangkan sembilan di antaranya, sehingga mereka akan merasa yakin dengan tenang memasuki pertandingan ini.

 

Jikad dilihat dari hasil sebelumnya, jelas tim tamu lebih diuntungkan, tapi dengan faktor menjadi tuan rumah, Turki mungkin akan mencuri poin sehingga hasil imbang bisa didapatkan disini.

 

 

Head to Head

  • 6 September 2016 Kroasia 1 – 1 Turki
  • 12 Juni 2016 Turki 0 – 1 Kroasia
  • 16 Nobvember 2011 Croatia 0 – 0 Turki
  • 12 Novermber 2011 urki 0 – 3 Kroasia
  • 21 Juni 2008 Kroasia 1 – 1 (P) Turki

 

Turki (4-4-2): Babacan, G. Gönül, H. Kaldirim, C. Söyüncü, M. Topal, S. Inan, V. Sen, O. Özyakup, O. Tufan, C. Ünderm, B. Yilmaz

 

Kroasia (4-3-3): L. Kalinic, D. Vida, D. Lovren, J. Pivaric, T. Jedvaj, L. Modric, I. Perišic, M. Badelj, M. Kovacic, M. Mandžukic, N Kalinic