Preview Kualifikasi Piala Dunia 2018: Spanyol vs Italia

BolaSempakMenjadi akhir sebuah era ketika Spanyol akhirnya gagal mempertahankan gelar juara bertahan Euro setelah kalah dari Italia di babak sistem gugur pertama. Ini diikuti dengan pensiunnya Vicente del Bosque, dan penuaan yang dialami para pemain seperti Andres Iniesta, Sergio Ramos, dan David Silva terus mengkhawatirkan para penggemarnya.

 

Namun, del Bosque telah digantikan oleh Julen Lopetegui, dimana Iniesta, Ramos, dan Silva masih mendominasi. Ditambah munculnya bintang-bintang muda berbakat seperti Marco Asensio, Suso, Saul Niguez dan Alvaro Morata serta perkembangan lanjutan Isco, membuat masa depan Spanyol tiba-tiba terlihat jauh lebih cerah.

 

Spanyol telah diuji dalam kampanye kualifikasi Piala Dunia kali ini, dengan satu grup bersama Italia dimana keduanya akan bersaing untuk satu tempat kualifikasi otomatis. Tempat kedua memang membawa tempat kualifikasi play-off yang mungkin terjadi, jadi sejujurnya peluang kedua tim terlihat tinggi untuk lolos.

 

Tim tuan rumah mengalahkan Macedonia dengan skor 2-1 pada pertandingan terakhir dengan tujuh kemenangan dan tiga kali imbang sejak gugur di Euro 2016, membuat mereka berada di puncak grup dengan selisih gol dan membuat bentrokan dengan Italia yang berada di posisi kedua menjadi sangat penting karena hanya tersisa empat pertandingan.

 

Italia tidak dianggap favorit hingga Euro 2016, tapi Antonio Conte membangun tim dengan sangat baik dan mereka tampak seperti salah satu tim terbaik pada kompetisi sampai kekalahan di adu penalti melawan Jerman.

 

Sejak Conte pergi dari sisi tim nasional, dan meskipun tidak adanya striker yang sangat berbakat, Italia terus tampil mengesankan saat tim itu dibangun di sekitar para pemain berpengalaman.

 

Tim tamu mungkin tidak memiliki kualitas bintang di lini depan, namun Gian Pierro Ventura telah memanfaatkan bakat yang dimilikinya dengan baik. Italia telah memenangkan delapan dan imbang dua dari sepuluh pertandingan sejak turnamen musim panas lalu, mencetak total 31 gol.

 

Selain itu, pertahanan mereka bisa menjadi masalah nyata yang membuat Spanyol sulit mencetak gol, dimana La Roja belum pernah gagal mencetak gol dalam pertandingan kompetitif sejak kalah 1-0 dari Yunani pada tahun 2003.

 

Head to Head

  • 7 Oktober 2016 Italia 1 – 1 Spanyol
  • 27 Juni 2016 Italia 2 – 0 Spanyol
  • 25 Maret 2016 Italia 1 – 1 Spanyol
  • 6 Maret 2014 Spanyol 1 – 0 Italia
  • 28 Juni 13 Spanyol P 0 – 0 Italia

 

Spanyol (4-3-3): De Gea, Alba, Ramos, Pique, Azpilicueta, Silva, Busquets, Koke, Asensio, Morata, Pedro

 

Italia (3-5-2): Buffon, Bonucci, Barzagli, Chiellini,  Conti, Candreva, De Rossi, Verratti, Darmian,  Belotti, Immobile