Preview Kualifikasi Liga Champions: Napoli vs OCG Nice

BolaSempak Napoli kembali ke Liga Champions untuk musim kedua berturut-turut tahun ini, tapi mereka belum mendapat sesuatu yang mudah untuk dicoba dan sampai ke babak grup. Nice sendiri terlihat mengesankan selama beberapa musim terakhir dan ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi Napoli yang memulai kampanye kompetitif.

 

Klub asal Italia itu memiliki hasil yang bermacam-macam pada pra-musim, mengalahkan tiga klub kecil sebelum imbang melawan Chievo dan Bournemouth, kalah dari Atletico Madrid, dan mengalahkan Bayern Munich dan Espanyol. Skuad mereka tentu saja harus mencapai kebugaran penuh, namun kurangnya aktivitas transfer adalah kekhawatiran bagi fans mereka, karena itu bisa mengancam ambisi untuk menyingkirkan dominasi Juventus di Serie A.

 

Napoli hanya membawa Adam Ounas dari Bordeaux, dengan Nikola Maksimovic dan Marko Rog bergabung secara permanen setelah periode pinjaman musim lalu. Mereka harus mendatangkan beberapa pemain penting jika ingin jadi penantang gelar, tapi mereka juga memiliki beberapa bintang. Lorenzo Insigne adalah salah satu dari pemain yang diandalkan berkat 18 gol dan 9 assist di liga musim lalu.

 

Di sisi lain kampanye kompetitif Nice dimulai beberapa hari yang lalu waktu mereka mengalahkan Ajax di Putaran Kualifikasi ke-3 Liga Champions, dan mereka juga telah memulai musim Ligue 1. Sejauh ini juga mereka mendapatkan hasil buruk karena kalah melawan St Etienne dan Troyes.

 

Sejarah tim asal Prancis ini tampil di Eropa tidak absen terlalu lama, karena mereka terakhir masuk ke kompetisi tersebut pada tahun 2013 setelah lebih dari 15 tahun. Mereka memang mencapai tahap grup Liga Europa tahun lalu, tapi untuk Liga Champions, ini adalah pertama kalinya sejak tahun 1960.

 

Nice disini pasti ingin melangkah lebih jauh terutama setelah merekrut pemain sekelas Wesley Sneijder dari Galatasaray, namun Napoli juga pasti ingin habis-habisan agar bisa menebus kegagalan musim lalu.

 

Dengan begitu, hasil imbang atau keunggulan tuan rumah dengan skor tipis sangat mungkin terjadi, sehingga leg kedua nanti akan menjadi penentu siapa yang mencapai tahap grup.

 

Head to Head

Kedua tim telah bertemu dua kali sebelumnya di pertandingan persahabatan, pada tahun 2015 dan 2016. Napoli memenangkan pertandingan 2016 di kandang sendiri dengan skor 3-0. Tahun sebelumnya, Nice menyelesaikan pekerjaan dengan kemenangan 3-2.

 

Napoli (4-3-3): Reina, Hysaj, Koulibaly, Chiriches, Ghoulam, Jorginho, Hamsik, Zielinski, Callejon, Insigne, Mertens

 

Nice (4-2-3-1): Cardinale, Jallet, Dante, Sarr, Souquet, Seri, Koziello, Saint-Maximin, Sneijder, Melou, Plea