Preview Bundesliga: Borussia Dortmund vs RB Leipzig

BolaSempak Borussia Dortmund telah memulai musim dengan cara mengesankan, tidak hanya dengan menetapkan rekor Bundesliga di bawah pelatih baru (Peter Bosz) dengan mencatat clean sheet dalam lima pertandingan awal, namun juga dengan menciptakan keunggulan atas Bayern Munich di puncak klasemen setelah tujuh pertandingan.

 

Pierre-Emerick Aubameyang adalah pencetak gol terbanyak di liga dengan raihan 8 gol, tapi kali ini sosok Maximilian Philipp adalah ancaman bagi pertahanan BVB, dimana dia telah mencetak dua gol di pertandingan tandang sebelumnya.

 

RB Leipzig tidak memiliki awal yang buruk untuk musim ini, namun penampilan perdana di Liga Champions sepertimnya memiliki dampak untuk fokus ke kompetisi lokal. Kemenangan Leipzig belakangan ini dianggap karena faktor “keberuntungan” saat melawan Eintracht Frankfurt dan FC Cologne, dan kekalahan 2-0 dari Besiktas menjadi evaluasi dimana Leipzig masih harus memperbaiki diri dalam pertandingan tekanan tinggi. Khusunya untuk Timo Werner, dia pasti akan jadi sorotan di Signal Iduna Park.

 

Performa Dortmund di liga membuat mereka menjadi gelar, jadi dari berbagai erspektif, mereka memiliki peluang besar untuk menang disini. Tidak hanya Dortmund yang menikmati rekor tak terkalahkan dalam sejarah klub – 41 pertandingan Bundesliga berturut-turut sejak April 2015 – tapi yang lebih mengejutkan adalah tingkat kemenangan BVB yang mencapai 83% (W31 D7).

 

Membandingkannya dengan performa Leipzig di pertandingan tandang musim ini, tim tamu dianggap tidak bisa bersaing. Red Bulls telah mengalami kekalahan melawan Schalke, Augsburg, dan Besiktas, jadi tim asuhan Ralph Hasenhuttl akan mencoba melawan arus pada hari Sabtu.

 

Dengan pertahanan apik Dortmund dan masalah Leipzig di depan gawang membuat Dortmund bisa menjaga clean sheet sekali lagi. Sementara di sisi lain, 13 gol BVB di kandang adalah situasi luar biasa.

 

Jadi pada pertandingan ini, kemungkinan tim tuan rumah akan menang dengan margin lebih dari satu gol.

 

 

Head to Head

05/02/17 Borussia Dortmund 1-0 RB Leipzig

10/09/16 RB Leipzig 1-0 Borussia Dortmund

 

Lima pertandingan terakhir Borussia Dortmund

30/09/17 Augsburg 1-2 Borussia Dortmund

27/09/17 Borussia Dortmund 1-3 Real Madrid

23/09/17 Borussia Dortmund 6-1 Borussia M’Gladbach

21/09/17 Hamburger 0-3 Borussia Dortmund

17/09/17 Borussia Dortmund 5-0 FC Cologne

 

Lima pertandingan terakhir RB Leipzig

01/10/17 FC Cologne 1-2 RB Leipzig

27/09/17 Besiktas 2-0 RB Leipzig

23/09/17 RB Leipzig 2-1 Frankfurt

20/09/17 Augsburg 1-0 RB Leipzig

16/09/17 RB Leipzig 2-2 Borussia M’Gladbach

 

 

Borussia Dortmund (4-2-3-1): R. Burki, L. Piszcek, S. Papastathopoulos, Bartra, J. Tolijan, S. Kagawa, J. Weigl, M. Dahoud, C. Pulisic, P. Aubameyang, A. Yarmolenko.

 

RB Leipzig (4-4-2): P. Gulacsi, M. Halstenberg, L. Klostermann, D. Uparmecano, I. Konate, S. Lisanker, D. Demme, M. Sabitzer, E. Forsberg, Y. Poulsen, Bruma.