Perekrutan Terbaik Arsene Wenger Selama Melatih Arsenal, Siapa Sajakah Mereka ?

Arsene Wenger

BolaSempak Dengan Arsene Wenger menyetujui perpanjangan kontra berdurasi dua tahun sebagai manajer Arsenal, semua mata akan melihat aktivitasnya di bursa transfer saat ia berusaha membuat langkah maju dalam musim 2016-17 yang mengecewakan.

 

Meskipun meraih kemenangan di Piala FA dengan mengalahkan Chelsea, klasemen akhir di posisi ke-5 menjadi hambatan bagi Wenger.

 

Frustrasi dengan kebijakan klub di bursa transfer selama beberapa musim terakhir juga telah memberikan titik terendah, namun berikut adalah lima contoh di mana Wenger mendapatkan pemain yang tergolong sukses di Arsenal.

 

PATRICK VIEIRA

Vieira benar-benar menandatangani kontrak sebelum formalitas peralihan Wenger dari Grampus Eight ke Highbury selesai, dengan kedatangan pemain cadangan AC Milan sempat terhambat. Tapi gelandang pekerja keras itu datang untuk menentukan masa keemasan Arsenal di bawah Wenger di awal 200an. Memiliki keunggulan fisik dan tanpa kompromi dengan bola di kakinya, Vieira menjadi sebuah fenomena, membimbing The Gunners meraih tiga gelar Premier League dan empat kemenangan di Piala FA dalam 406 penampilan. Kekosongan yang ditinggalkan pemain internasional Prancis itu tidak pernah tergantikan setelah ia berangkat ke Juventus pada tahun 2005.

 

THIERRY HENRY

Henry pindah ke Arsenal dua minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-22 pada Agustus 1999, dimana dia menjadi bagian dari pemenang Piala Dunia namun gagal total bersama Juventus. Wenger memiliki beberapa pertanyaan yang harus dijawab atas pembelian £ 11 juta untuk pengganti Nicolas Anelka yang sering bermain melebar, terutama saat ia menjalani 8 pertandingan tanpa gol untuk The Gunners. Tapi setelah keluar dari bangku cadangan dan mencetak gol melawan Southampton, Henry terus melaju. Dia menjadi striker kelas dunia yang disegani dan itu menunjukkan kejelian Wenger menjawab kritikan untuknya. Namun Henry pergi ke Barcelona pada tahun 2007 dan dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Arsenal dengan 228 gol dalam 377 pertandingan.

 

ROBERT PIRES

Ketika Henry menjadi striker yang haus gol, Pires adalah sosok yang sering memberikan “bantuan” untuk rekan senegaranya tersebut. Didatangkan senilai £ 6 juta dari Marseille pada tahun 2000, ia awalnya hanya menjadi pelapis Marc Overmars dan gagal menjadi pemain reguler.  Namun akhirnya Pires menunjukkan bakatnya dan menjadi bagian “Invincibles” pada musim 2003-04.

 

SOL CAMPBELL

Mungkin ini adalah penandatanganan Wenger yang paling berani, Campbell tidak memerlukan biaya sepeser pun untuk pindah dari Tottenham pada tahun 2001 sehingag terjadi perpecahan antar pendukung Arsenal dan Tottenham. Campbell adalah pemenang Premier League di musim pertamanya dan sekali lagi pada musim 2003-04. Pada musim pertama, ia bermain bersama Tony Adams dan Martin Keown sebelum kemitraannya bersama Kolo Toure di pos bek tengah menjadi momok bagi serangan lawan. Pemain internasional Inggris itu membantu Arsenal bertahan 995 menit tanpa kebobolan di Liga Champions dalam perjalanan ke pertandingan final melawan Barcelona tahun 2006 di Paris, di mana ia membuka skor.

 

ROBIN VAN PERSIE

Striker asal Belanda, Van Persie, bisa dibilang merupakan usaha transfer terakhir yang tak terbantahkan yang dilakukan oleh Wenger. Dia tiba dengan harga £ 2,75 juta dari Feyenoord pada tahun 2004, menghabiskan waktunya untuk belajar di bawah orang-orang seperti Henry sebelum membangun dirinya sebagai ujung tombak Arsenal dalam kemenangan di Piala FA 2005 dan 2014. Dia mencetak 132 gol dalam 278 pertandingan untuk The Gunners.