Perbandingan Mohamed Salah Bersama Liverpool dan AS Roma

bolasempak.com – Mohamed Salah telah menjadi sosok penting di Liverpool musim ini dan dia berharap menjalani musim perdananya dengan cara mengesankan termasuk menghadapi Roma di Liga Champions.

 

Pemain sayap Mesir itu pindah dari Roma dengan sisi Merseyside dalam kesepakatan yang bisa meningkat menjadi € 50 juta di musim panas, dan setelah tidak pernah benar-benar diberi kesempatan untuk menampilkan bakatnya di Chelsea, dia justru bersinar dalam periode keduanya di Premier League.

 

Konsistensi Salah membuatnya meraih penghargaan PFA Player of The Year pada hari Minggu, dan Roma akan sangat menyadari kejeniusannya ketika mereka mengunjungi Anfield untuk pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions.

 

Tapi seberapa bagus Salah jika dibandingkan ketika berseragam Roma dan Liverpool ?

 

 

GOL

Pencapaian gol Salah di Roma sangat mengesankan, dalam 83 penampilan di semua kompetisi, ia memiliki 34 gol, dengan rasio menit-per-gol nya adalah 193,6.

Tetapi angka-angka di Liverpool musim ini lebih mengejutkan. Dalam 46 penampilan, Salah memiliki 41 gol, dengan rasio menit-per-gol nya adalah 89,3.

Salah juga memiliki rasio menembak lebih baik di Liverpool  (176) dengan sisa pertandingan saat ini, mendekati pencapaian di Roma (192).

 

ASSIST

Sementara rekor fenomenal Salah mungkin tidak terduga, dia juga memiliki sesuatu untuk rekan setimnya.

Dan Salah sudah mendekati penghitungan 18 assist yang ia capai selama waktunya di Roma, dengan mengumpulkan 11 assist untuk Liverpool sejauh ini.

Dalam hal peluang yang diciptakan, Salah menciptakan 163 peluang dengan rata-rata 2,2 per pertandingan di Roma, sementara di Liverpool dia telah menciptakan 82 peluang.

 

PENGUASAAN BOLA

Bagi seorang pemain dengan kreativitas yang tidak diragukan, dia mungkin sosok yang mampu menguasai bola di kakinya dengan cara sempurna.

Tapi Salah tampaknya menggunakan keahlian itu dengan lebih baik (106 dribble) musim ini setelah menyelesaikan 120 dribble di Roma, memberinya rasio yang lebih tinggi.

Tingkat keberhasilan dribblenya juga naik dari 43,3% menjadi 59,2%.

 

Melihat pencapaian sang bintang Mesir, tampaknya dia akan terus menunjukkan penampilan impresif sampai akhir musim, dan sangat mungkin jika dia memenangkan trofi Eropa, namanya akan sejajar dengan Cristiano Ronaldo dan juga Lionel Messi yang jadi langganan Ballon d’Or untuk tahun ini.