Morata dan Pesepakbola Termahal Asal Spanyol

BolaSempak Alvaro Morata telah menjadi pesepakbola asal Spanyol termahal setelah menyegel kepindahan Real Madrid ke Chelsea.

 

Masa emas sepakbola Spanyol telah melihat Real Madrid dan Barcelona secara bergiliran mendominasi Eropa, sementara tim nasional mereka memenangkan Euro 2008, Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 dalam serangkaian trofi menakjubkan.

 

Setelah Morata memilih Stamford Bridge, ada tekanan pada striker tersebut untuk mendapat kesuksesan, dan berikut adalah para pesepakbola selain Morata yang menjadi pemain termahal asal Spanyol.

 

Alvaro Morata: Real Madrid ke Chelsea – € 78 juta

Dia merupakan pencetak gol terbanyak kedua Madrid musim lalu dengan raihan 20 gol di semua kompetisi. Namun itu tidak cukup meyakinkan Zinedine Zidane bahwa dia adalah sosok yang bisa diandalkan di lini depan.

 

Fernando Torres: Liverpool ke Chelsea – € 58 juta

Torres menjadi pemain termahal dalam sejarah Premier League untuk pertama kalinya saat Chelsea menandatanganinya dari Liverpool pada Januari 2011.

Dia hanya mencetak satu gol di musim 2010-11, dan Torres (yang sangat produktif di Anfield) mengalami kesulitan saat karirnya bersama The Blues gagal total, meskipun meraih kemenangan Liga Champion 2012.

 

Gaizka Mendieta: Valencia ke Lazio – € 48 juta

Mendieta adalah salah satu bintang Valencia yang kalah di pertandingan final Liga Champions berturut-turut setelah pergantian milenium, mendorong kepindahannya ke Lazio.

Dia hanya bertahan satu musim di Serie A, gagal mencetak gol dalam 31 penampilan dan bergabung dengan Barcelona dengan status pinjaman pada musim berikutnya.

Setelah dinobatkan sebagai gelandang terbaik Eropa dua tahun sebelumnya, Mendieta kemudian bergabung dengan Middlesbrough, di mana ia mengakhiri karirnya.

 

Juan Mata: Chelsea ke Manchester United – € 45 juta

Setelah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Chelsea dua musim berturut-turut, Mata mungkin tidak menyangka dengan karirnya di klub tersebut, tapi itulah yang terjadi saat Jose Mourinho kembali ke Stamford Bridge.

Manchester United menawarkan Mata sebuah jalan keluar dengan biaya rekor klub namun kekhawatiran tentang masa depannya di Old Trafford meningkat saat Mourinho mengambil alih.

Namun Playmaker itu justru menjadi salah satu andalan Mourinho.

 

David Villa: Valencia ke Barcelona – € 40 juta

Kepindahan Villa ke Camp Nou dari Valencia terlihat cukup kontroversial. Namun sang striker memenangkan dua gelar La Liga dan Liga Champions di musim pertamanya di Camp Nou, mencetak gol di final Wembley melawan Manchester United.

Namun, dua tahun berikutnya, karir mantan striker timnas Spanyol itu terhambat di Barca karena masalah cedera dan gagal menggeser posisi Lionel Messi.

 

Javi Martinez: Athletic Bilbao ke Bayern Munich – € 40 juta

Apakah bermain sebagai gelandang box-to-box atau bek tengah di Athletic Bilbao, Martinez mampu menaikkan kelas karirnya.

Klub raksasa Bundesliga, Bayern, telah mengeluarkan biaya besar untuk membawa Martinez ke Jerman pada tahun 2012, namun karirnya di Allianz Arena menurun setelah mengalami cedera.

Namun Martinez telah mencicipi kemenangan Bundesliga beruntun bersama Bavaria, dan merupakan bagian dari pemenang Liga Champions pada tahun 2013.