Monchi dan Bursa Transfer Terbaiknya

Monchi

BolaSempakRoma tampaknya akan menunjuk mantan direktur olahraga Sevilla, Monchi, untuk mengawasi bursa transfer mereka mulai musim panas ini.

 

Mantan kiper tersebut dipuji sebagai rahasia di balik kesuksesan klub Spanyol itu dalam beberapa tahun terakhir, dengan raksasa Andalusia memenangkan Liga Europa sebanyak lima kali dalam 10 tahun terakhir, sekaligus mengangkat Copa del Rey pada tahun 2007 dan 2010.

 

Kemarin (24/4/2017), Giallorossi memposting sebuah video tentang Monchi yang tiba di Italia untuk mengambil alih peran barunya, dan berikut adalah daftar transfer terbaiknya sejauh ini.

 

Dani Alves

Pemain asal Brasil,yang kini berada di Juventus, dipuji sebagai punggawa terbaiknya, dan Sevilla memberinya jalan menuju kesuksesan di Eropa.

Setelah didatangkan sebagai pinjaman awal dari Bahia, Dani Alves menyelesaikan transfer permanen ke Estadio Sanchez Pizjuan seharga sekitar € 600.000 pada bulan Januari 2003.

Pada tahun 2008 ia dijual ke Barcelona senilai € 29 juta, ditambah € 6 juta untuk bonus, menghasilkan keuntungan lebih dari € 30 juta untuk Sevilla.

 

Ivan Rakitic

Ditandatangani hanya dengan € 2,5 juta dari Schalke 04 pada Januari 2011, Rakitic sekarang diakui sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia.

Pemain tim nasional Kroasia itu membantu Los Blanquirrojos ke Liga Europa pada tahun 2014, dengan catatan 15 gol dan 17 assist di semua kompetisi.

Hal itu juga membuat dia pindah senilai € 18 juta ke Barcelona, di mana dia memenangkan treble di musim pertamanya, mencetak gol pembuka melawan Juventus di final Liga Champions.

 

Carlos Bacca

Setelah periode produktif dengan Club Brugge di Belgia, Bacca ditandatangani oleh Monchi seharga € 7 juta pada bulan Juli 2013.

Langkah dari Belgia ke Spanyol tidak mengganggu striker asal Kolombia tersebut, karena ia berhasil menceploskan 49 gol dalam 108 pertandingan untuk raksasa Andalusia.

Setelah memenangkan Liga Europa beruntun, penampilan produktif Bacca menarik perhatian Milan yang akhirnya menebus angka € 30 juta pada tahun 2015.

Meskipun ada beberapa kritik karena kurangnya keterlibatan dalam permainan tim, striker berusia 30 tahun itu telah mencetak 34 gol dalam 71 pertandingan untuk Rossoneri.

 

Gary Medel

‘Pitbull’ milik Inter itu adalah pemain lain yang diperkenalkan ke sepak bola Eropa oleh Sevilla dan Monchi.

Gelandang tangguh itu didatangkan dari Boca Juniors dengan harga € 3 juta pada bulan Januari 2011, dan menghabiskan musim dua setengah musim berikutnya di La Liga.

Medel dijual ke Cardiff City dengan harga sekitar € 13,5 juta, menghabiskan satu musim di Wales sebelum bergabung dengan Nerazzurri.

 

Frédéric Kanouté

Pemain internasional Mali itu gagal bermain untuk Tottenham Hotspur, namun Monchi melihat cukup banyak uang untuk menebus angka € 6.5 juta untuk jasanya di tahun 2005.

Kanouté menemukan bentuk terbaik dalam hidupnya bersama Sevilla, mencetak 136 gol dalam 290 pertandingan dan memenangkan dua Copa del Rey dan dua Piala UEFA bersama Los Blanquirrojos.

Ketika ia meninggalkan klub dengan status bebas transfer pada tahun 2012, Kanoute telah membuktikan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak Sevilla pada abad ke-21.