Paus4d

Mino Raiola dan Deretan Bintang Sepakbola Dunia

BolaSempak Pria di balik kepindahan Romelu Lukaku senilai £ 75 juta dari Everton ke Manchester United adalah agen Mino Raiola. Pria berusia 49 tahun ini telah menjadi salah satu tokoh sepakbola Eropa dan sekarang bertanggung jawab atas dua transaksi terbesar sepanjang masa.

 

Di sini kita bisa melihat beberapa bintang paling menonjol dari daftar klien Raiola, bagaimana dia mengarahkan mereka dan mempertimbangkan apa yang mungkin akan terjadi selanjutnya seperti Lukaku.

 

PAUL POGBA

Setelah menghabiskan liburannya bersama Pogba di Los Angeles, Lukaku bergabung dengan gelandang Prancis tersebut Raiola di Old Trafford. Setahun yang lalu, Pogba dan Raiola menjadi fokus dunia sepakbola saat gelandang berusia 24 tahun itu menyelesaikan transfer rekor dunia saat kembali ke United dengan nilai transfer £ 89,3 juta. Agen tersebut baru-baru ini menolak klaim yang dibuat oleh situs Football Leaks bahwa dia mengantongi uang £ 41 juta sehubungan dengan keterlibatannya dengan kesepakatan tersebut.

 

ZLATAN IBRAHIMOVIC

Henrikh Mkhitaryan adalah klien Raiola yang lainnya yang tiba di United saat Jose Mourinho memimpin klub, tapi tidak ada yang bisa menyamai kliennya seperti Ibrahimovic dalam hal spektakuler. Mantan bintang timnas Swedia itu memberikan dampak langsung dalam sepakbola Inggris, mencatat 28 gol di semua kompetisi. Sebuah cedera ligamen lutut mengurangi musim Ibrahimovic sebelum United memastikan kemenangan di Liga Europa untuk menambahkan trofi setelah Piala EFL.

 

MARIO BALOTELLI

Meski masih dianggap Balotelli, Raiola frustrasi dengan kliennya yang satu ini. Striker berusia 26 tahun itu menerima kartu merah ketiga dalam kekalahan 1-0 melawan Lorient, yang membuat Raiola mengemukakan sebuah upaya ekstrem.

“Saya sudah menemukan solusinya, kita akan memotong lidahnya,” katanya kepada RMC.

Meski begitu, mantan bintang Manchester City dan AC Milan itu kerap menawarkan indikasi bahwa ia masih bisa mengubah karirnya ke arah positif dengan catatan 15 gol dalam 23 penampilan. Setelah Raiola membicarakan ketertarikan Borussia Dortmund dan Marseille, Balotelli menandatangani perpanjangan kontrak satu tahun di Nice.

 

GIANLUIGI DONNARUMMA

Donnarumma yang berposisi sebagai kiper mungkin merupakan indikasi terbaik bagi Riaola yang tidak pernah terlalu jauh dari kontroversi. Pemain internasional Italia berusia 18 tahun ini sudah menandatangani perpanjangan kontrak di AC Milan, kendati Raiola sebelumnya mengatakan kepada klub Serie A ini akan kesulitan menolak tawaran Real Madrid. Setelah protes dari fans Milan saat pertandingan U-21, ketika Italia melawan Denmark, Raiola mengklaim bahwa fans Milan “menghina dan mengancam” keluarga pemain tersebut.

 

MOISE KEAN

Seperti Donnarumma, striker muda Juventus, Kean, adalah salah satu pemain yang paling diincar di Serie A. Striker berusia 17 tahun itu menjadi pemain pertama yang lahir di milenium ini untuk tampil di Serie A dan Liga Champions setelah ia masuk dalam skuad Massimiliano Allegri musim ini. Dia mencetak gol kemenangan melawan Bologna pada pertandingan terakhir musim lalu, saat Juve menyegel Scudetto keenam beruntun.

Ayah si pemain, Biorou Kean, tidak senang dengan pernyataan Raiola yang menyebutkan bahwa Kean tidak akan ada di Juventus jika bukan karena jasanya.

“Raiola bilang dia adalah agen Moise, tapi saya tidak pernah menandatangani apapun,” kata ayah dari Kean. “Saya akan memilih agen lain jika saya bisa memutuskan sendiri.”