Kazuyoshi Miura Jadi Pesepakbola Tertua Dalam Pertandingan Profesional

Kazuyoshi Miura

BolaSempak Hanya satu minggu dari hari ulang tahunya, Miura turun ke lapangan saat berusia 50 tahun lebih 7 hari pada akhir pekan lalu, bermain 54 menit saat Yokohama FC bermain imbang 1-1 melawan V-Varen Nagasaki di J-League 2.

 

Miura telah bermain sepak bola penuh waktu sejak tahun 1986, membuat musim ke-32 di J2  secara profesional.

 

Penampilannya pada hari Minggu (05/02/2017) berarti dia telah mengalahkan rekor yang dipegang sejak tahun 1965 oleh Sir Stanley Matthews, yang berusia 50 tahun lebih 5 hari ketika bermain untuk Stoke melawan Fulham di pertandingan kompetitif terakhirnya.

 

Miura, juga dikenal sebagai ‘King Kazu’, tetap menanggapi dengan rendah hati ketika ditanya tentang memecahkan rekor.

 

“Saya tidak benar-benar merasa seperti melewati rekor yang dimiliki seorang legenda,” katanya kepada FIFA.com. “Saya mungkin telah melampaui dia dalam umur panjang tapi saya tidak akan pernah bisa menyamai statistik dan karir dia.

 

“Hal ini juga tidak bisa dibilang cukup membanggakan, karena catatan ini hanya tentang sejauh mana Anda ingin bermain sepak bola dan sampai kapan Anda merasa kuat untuk berada di level profesional.

 

“Saya tidak memiliki ambisi tertentu saat bermain sepak bola, ini berjalan dengan seadanya dan saya hanya mencoba bermain maksimal sejak turun ke lapangan.”

 

Kemudian Miura ditanya apa yang paling berkesan selama karirnya di sepak bola profesional dan apa yang menjadi ambisi di masa lalu.

 

“Saya senang ketika tim nasional memanggil saya dan membuat saya menjadi orang yang mungkin paling bahagia di dunia. Itu adalah salah satu impian besar, sama seperti pesepakbola lainnya yang ingin membela negara,” Miura menambahkan.

 

“Namun dalam hal ambisi, saya masih berharap mampu memberikan piala untuk negara saya, atau juga klub ditempat saya bermain. Ini masih menjadi harapan hingga akhir.”

 

Miura tidak memiliki rencana untuk pensiun dan belum menetapkan tanggal untuk menyelesaikan karir di klub manapun.