Iniesta dan Statistik Bersama Barcelona

bolasempak.com Ini adalah akhir dari sebuah era di Barcelona, dengan Andres Iniesta mengkonfirmasikan pada Jumat malma bahwa musim ini akan menjadi yang terakhir di Camp Nou.

 

Pemain internasional Spanyol itu telah menikmati karir yang luar biasa dan memenangkan segalanya dengan raksasa Catalan, setelah bergabung dengan akademi klub ketika berusia 12 tahun.

 

Dengan perpaduan unik dari kemampuan pada bola dan visi yang hampir tak tertandingi untuk melepaskan umpan, Iniesta telah memantapkan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik di Eropa selama 15 tahun terakhir.

 

Setelah melakukan debut dengan tim utama di musim 2002-03, Iniesta telah menuliskan sejarah di Barca dan menjadi legenda klub.

 

Meskipun pemain berusia 33 tahun itu belum mengkonfirmasi tujuan berikutnya, dia sangat terkait dengan kepindahan ke klub Liga Super China, Chongqing Lifan.

 

Tapi, terlepas dari apa yang dia capai di China, Iniesta akan dikenang karena karirnya di Barcelona, dan berikut ini adalah statistik sang maestro selama bermain untuk klub berjuluk Blaugrana.

 

669 – Iniesta telah bermain 669 kali di semua kompetisi untuk Barcelona, lebih dari pemain lainnya dan menjadi yang kedua dibelakang Xavi (767) dalam sejarah klub.

456 – Dari 669 pertandingan tersebut, Iniesta telah berada di pihak yang menang sebanyak 456 kali, memberinya persentase kemenangan 68,2%.

18 – Iniesta berusia 18 tahun lebih 170 hari ketika ia melakukan debut untuk Barca dalam pertandingan Liga Champions melawan Club Brugge pada 29 Oktober 2002.

8 – Ikon Barca itu telah memenangkan delapan gelar La Liga, meskipun yang kesembilan dalam 16 musim diperkirakan akan dikonfirmasi akhir pekan ini melawan Deportivo La Coruna.

69 – Iniesta telah memberikan 69 assist di LaLiga. Dia mencatat 16 assist di musim 2012-13, unggul 2 assist dari pemain lain di lima liga top Eropa.

35 – Meskipun tidak dianggap sebagai pencetak gol handal, pemain asal Spanyol ini memiliki 35 gol di liga untuk Barcelona.

9 – Meskipun tidak pernah menjadi pemenang Ballon d’Or, Iniesta telah dimasukkan dalam FIFA FIFPro World XI pada sembilan kesempatan, hanya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang memiliki lebih banyak penampilan (11).

116 – Mungkin momen terbaik dalam karir Iniesta datang di menit ke-116 dari final Piala Dunia 2010, golnya memberikan kemenangan untuk Spanyol dan dia menjadi Man of The Match.

9 – Iniesta telah bermain untuk sembilan pelatih yang berbeda di LaLiga. Dia tampil 149 kali di bawah Frank Rijkaard, lebih dari pelatih lainnya.