Heynckes dan Catatan di Bundesliga Bersama Bayern Munich

BolaSempak Jupp Heynckes kembali ke sepakbola setelah setuju untuk mengambil kepelatihan Bayern Munich untuk keempat kalinya sampai akhir musim ini.

 

Pria asal Jerman berpengalaman itu menjalani masa pensiun sejak meninggalkan Bayern pada 2013 lalu, menyusul sebuah periode yang sangat sukses dab membawa klub Bavaria tersebut memenangkan Bundesliga, Liga Champions dan DFB-Pokal.

 

Dalam pernyataannya akhir pekan ini, sebelum pertandingan melawan Freiburg dan menang dengan skor 5-0, pelatih tersebut mengatakan tentang alasan kembali ke klub yang membesarkan namanya.

 

“Saya senang bisa kembali ke tempat ini, tempat yang indah dan memiliki sejarah dalam karir saya,” kata Heynckes.

 

“Saya juga selalu siap datang kesini, terutama ketika klub membutuhkan saya dan memanggil saya untuk memastikan bahwa Bayern bisa kembali ke papan atas sepakbola di kompetisi lokal dan Eropa.

 

“Saya memiliki kedekatan juga dengan presiden klub, dia adalah seorang sahabat baik dan saya dengan senang hati membantunya. Itulah yang membuat saya keluar dari masa pensiun.”

 

Heynckes menggantikan Carlo Ancelotti setelah Bayern menelan kekalahan 3-0 dari Paris Saint-Germain di Liga Champions, dengan laporan yang meluas menyatakan bahwa pelatih Italia itu juga kehilangan dukungan dari beberapa pemain kunci.

 

Dan berikut adalah rekor yang dimiliki Heynckes di Bayern Munich dan Bundesliga.

 

 

1011 – Heynckes menawarkan banyak pengalaman, telah terlibat dalam 1011 pertandingan Bundesliga sebagai pelatih (642) dan pemain (369).

1 – Kembalinya ke Bayern Munich juga merupakan yang bersejarah sekaligus pertama bagi Bundesliga, karena tidak ada pelatih yang pernah menangani klub yang sama sebanyak empat kali di papan atas Jerman.

221 – Di antara tiga periode sebelumnya di klub, Heynckes telah melatih Bayern untuk 221 pertandingan Bundesliga.

62,4 – tidak mengejutkan jika Heynckes memiliki persentase kemenangan yang sangat baik dalam 221 pertandingan tersebut, menang 138 kali dan itu setara dengan 62,4%.

3 – Heynckes memiliki hat-trick gelar Bundesliga atas namanya dari periode bersama Bayern sebelumnya.

2.41 – Tugas terakhir pelatih 72 tahun itu dengan Bayern adalah kesuksesan terbesar sepanjang sejarah Bundesliga dan timnya rata-rata meraih 2,41 poin per pertandingan, rekor yang hanya bisa dikalahkan Pep Guardiola (2,52 poin per pertandingan).