Dortmund dan Kepergian Para Bakat Muda

BolaSempak Sejak memenangkan gelar Bundesliga beruntun di bawah kepelatihan Jurgen Klopp pada musim 2011-12, Borussia Dortmund telah menjadi sumber munculnya bakat bintang sepakbola di Eropa.

 

Ousmane Dembele ditetapkan untuk menjadi nama besar terbaru yang pergi dari Signal Iduna Park dalam sebuah kesepakatan senilai € 105 untuk ke Barcelona.

 

Satu-satunya yang positif bagi BVB adalah mereka belum membiarkan pemain muda lainnya pindah ke sisi Bayern Munich, yang sering mengambil bakat-bakat mereka dalam beberapa tahun terakhir.

 

Di sini, bisa dilihat bagaimana Dortmund yang tampil hebat dengan kepemimpinan Klopp, saat mereka kehilangan pemain andalan dan bagaimana mereka mengatasinya.

 

 

2013

Mario Gotze mendapat pujian atas perannya yang membawa Dortmund ke final Liga Champions melawan Bayern Munich, namun playmaker itu dikritik saat dia menyetujui perpindahan ke Bayern menjelang pertandingan semifinal dengan Real Madrid. Seorang Gotze yang cedera akhirnya absen saat melawan calon klubnya, dengan siapa ia menghabiskan tiga musim yang buruk sebelum kembali ke klub masa kecilnya awal musim lalu.

 

2014

Penggemar Dortmund mengalami lebih banyak rasa sakit hanya 12 bulan setelah kepindahan kontroversial Gotze ketika Robert Lewandowski mengikuti langkah ke Allianz Arena, faktanya itu adalah transfer bebas yang sangat merugikan. Lewandowski tetap menjadi salah satu striker paling produktif di Eropa dan memenangkan tiga gelar Bundesliga di Munich, namun Pierre-Emerick Aubameyang melangkah untuk mengisi kekosongan di lini serang BVB.

 

2016

Klopp meninggalkan Dortmund pada akhir musim 2014-15 yang buruk dan ada eksodus lain pada tahun berikutnya. Mats Hummels menjadi pemain BVB yang hengkang ke Bayern, sementara Henrikh Mkhitaryan dibajak oleh Manchester United dan Ilkay Gundogan berangkat ke Manchester City. Namun kehadiran Dembele menjadi tambahan yang berguna dengan mencatat 10 gol dan 20 assist dalam 49 penampilan di semua kompetisi, sementara Sokratis Papastathopoulos membuktikan dirinya sebagai pemimpin baru di lini belakang Dortmund. Namun kedatangan Gotze dan Andre Schurrle belum berdampak positif karena sejumlah cedera.

 

2017

Keputusan Dembele untuk pindah ke Barcelona niscaya akan memunculkan kenangan yang tak terlupakan bagi para pendukung Dortmund, namun pembelotan pemain muda Prancis itu datang dari latar belakang Aubameyang yang menolak pindah ke China, dimana Gotze telah kembali ke kebugaran penuh dan Christian Pulisic terlihat siap untuk terlibat dengan tim utama.