Dimana Mereka Sekarang? Tim Arsenal Pertama Yang Dipimpin Arsene Wenger (Bagian 3)

Arsenal 1996

BolaSempakMasih pembahasan seperti sebelumnya bahwa Arsene Wenger memilih untuk tidak mengubah komposisi starting XI Arsenal untuk pertandingan pertamanya bertanggung jawab sebagai manajer The Gunners.

Dalam skuad tersebut ada nama-nama besar yang melegenda bagi raksasa London tersebut, dan berikut adalah nama-nama yang ikut serta dalam skuad pertama asuhan Wenger.

 

DAVID PLATT

Highbury adalah salah satu klub terakhir bagi Platt, yang memiliki periode bersama Crewe Alexandra, Aston Villa, Bari, Juventus dan Sampdoria. Gelandang itu adalah salah satu pemain andalan Bruce Rioch dan tinggal di tim di bawah Wenger, untuk siapa ia menyumbangkan 4 gol dalam 28 penampilan.

Kedatangan Emmanuel Petit di musim panas beriknya telah membatasi peluang bermain, dan Platt memutuskan untuk mengambil cuti di akhir musim untuk belajar bidang pembinaan. Dan kemudian Platt bertugas dengan Sampdoria, dengan pria asal Inggris dipaksa itu mengundurkan diri sebelum klub itu terdegradasi.

Platt melanjutkan karir dengan Nottingham Forest – di mana ia juga membuat beberapa penampilan – dan sebagai manajer Inggris U-21. Pada tahun 2010, ia diangkat sebagai asisten Roberto Mancini di Manchester City, membantu klub itu meraih gelar liga pertama dalam beberapa dekade pada tahun 2012.

Pekerjaan manajerial Platt yang terbaru adalah di Pune City (India Super League) pada tahun 2015.

 

JOHN HARTSON

Pemain asal Wales itu menjadi pendobrak dair gaya terapan Wenger hingga saat ini. Hartson ditandatangani oleh George Graham sebulan sebelum Scot dipecat, menjadi pilihan setelah Dennis Bergkamp saat Wenger tiba.

Ia dijual ke West Ham senilai £ 3.2 juta pada bulan Februari 1997, dengan kedatangan Nicolas Anelka di Highbury. Periode Hartson di Upton Park itu berbuah, dan bahkan melihat dia menarik minat dari Manchester United, tapi Celtic menjadi tempat terbaiknya, dengan 88 gol dalam 146 pertandingan untuk Bhoys. Klub terakhirnya adalah West Brom dan pensiun pada Februari 2008.

Pada bulan Juli 2009, pada usia 34 tahun, Hartson menjalani pengobatan kemoterapi untuk kanker testis yang telah menyebar ke otak dan paru-parunya. Pada satu titik ia memiliki kesempatan 50% untuk bertahan hidup, tetapi Desember tahun itu ia diberitahu bahwa kanker tersebut hampir diberantas dari tubuhnya. Hartson sekarang bekerja sebagai jurnalis untuk BBC.

 

IAN WRIGHT

Wright berusia 33 tahun pada saat Wenger tiba di London utara, meskipun ia tetap cepat dan mematikan di depan gawang lawan. Dia menjadi pencetak gol terbanyak Arsenal setiap tahun sejak bergabung dari Crystal Palace.

Striker meninggalkan klub pada musim panas 1998, setelah cedera hamstring yang membuatnya absen di berbagai pertandingan. Setelah meninggalkan Highbury, Wright sempat bermain di West Ham, Nottingham Forest, Celtic dan Burnley, sebelum pensiun pada tahun 2000.

Kini dia menulis kolom reguler untuk The Sun, dan juga menjadi jurnalis di BBC dan BT Sport.

 

RAY PARLOUR

Di atas kertas, Parlor tidak cukup berhasil di bawah Wenger dan memiliki sejumlah masalah disiplin. Namun, kedatangan manajer asal Prancis itu telah mengubah nasib Parlour, yang tetap menjadi anggota kunci selama bertahun-tahun.

Parlor hanya bermain lima menit terakhir, sebelum menjadi starter reguler di pusat lini tengah atau di sisi kanan pada minggu berikutnya. Ia dua kali menjadi bintang lapangan pada tahun 1998 dan 2002, sebelum meninggalkan Arsenal ke Middlesbrough dengan status bebas transfer pada tahun 2003.

Setelah bertugas di Hull, mantan pemain internasional Inggris itu gantung sepatu n. Sejak pensiun, dia menjadi jurnalis di talkSPORT.