Dimana Mereka Sekarang? Tim Arsenal Pertama Yang Dipimpin Arsene Wenger (Bagian 2)

Arsenal 1996

BolaSempakDiketahui sebelumnya bahwa Arsene Wenger memilih untuk tidak mengubah komposisi starting XI Arsenal untuk pertandingan pertamanya bertanggung jawab sebagai manajer The Gunners.

Dalam skuad tersebut ada nama-nama seperti Seaman, Bould, Adams, hingga Lee Dixon. Dan berikut adalah lanjutan dari para mantan pemain yang disebutkan diatas.

 

MARTIN KEOWN

Bek itu bergabung dengan Arsenal sebagai pemain akademi, tapi bermain untuk Aston Villa dan Everton sebelum kembali ditandatangani oleh The Gunners pada bulan Februari 1993. Dia selalu melawan Bould dalam pertempuran untuk bermitra dengan Adams di jantung pertahanan Arsenal, dan kemudian bermain bersama di pertandingan pertama Wenger ketika bertanggung jawab di musim 1996/97.

Dia tinggal dengan The Gunners sampai 2004, tetapi hanya memiliki 10 penampilan liga sebelum ke Leicester dan Reading. Saat ini, Keown dikenal sebagai komentator, dia juga mencoba-coba bidang manajemen dan memiliki masa singkat sebagai pelatih Oxford University.

 

NIGEL WINTERBURN

Berikut ini adalah anggota terakhir pertahanan legendaris Graham yang juga tetap bagian dari rencana Wenger untuk beberapa musim pertamanya di klub, dan merupakan anggota integral dari lini belakang yang hanya kebobolan 33 kali saat memenangkan gelar musim 1997/98.

Winterburn adalah pilihan utama di pos bek kiri sampai musim 1999/2000, ketika ia disingkirkan Sylvinho dan kemudian oleh Ashley Cole.

Setelah meninggalkan Arsenal, mantan pemain Wimbledon itu bergabung dengan West Ham, di mana ia menghabiskan tiga tahun sebelum pensiun pada tahun 2003. Sejak itu dia menghabiskan waktu yang singkat sebagai pelatih defensif di Blackburn.

 

PAUL MERSON

Seperti Adams, Merson berjuang dengan kecanduan alkohol sebelum kedatangan Wenger di Arsenal dan pada akhir tahun 1994, ia menghabiskan tiga bulan rehabilitasi alkohol, kokain dan perjudian. Gelandang kreatif itu kembali dengan dilatih Bruce Rioch pada Februari 1995, dan bermain secara teratur untuk Wenger di musim pertamanya di Highbury. Namun, pada akhir musim, Merson dijual ke Middlesbrough senilai £ 4.5 juta.

“Orang-orang mengira saya gila karena meninggalkan Arsenal untuk Boro, tapi mereka lebih gila untuk berpikir seperti itu,” katanya. “Saya bergabung dengan klub yang menginginkan saya, dan itu bukan untuk uang.

Merson membantu Middlesbrough mencapai Premier League sebelum berlabuh ke Aston Villa, Portsmouth dan Walsall. Dia diangkat sebagai pemain-manajer di akhir musim, menderita  degradasi dan nyaris menghindari degradasi lain sebelum dipecat.

Hari ini, Merson adalah komentator reguler di Sky Sports Football Saturday dan menulis kolom mingguan untuk Daily Star.

 

PATRICK VIEIRA

Bruce Rioch telah diberhentikan di musim panas, tapi Arsenal menandatangani dua pemain asal Prancis sebelum dimulainya musim 1996-1997 – Remi Garde dan Patrick Vieira – melalui rekomendasi dari Wenger.

Vieira sudah sangat mengesankan dan membuat kualitasnya jelas dalam pertandingan pertama Wenger bertanggung jawab, ketika ia menjadi satu-satunya pemain asing di starting line-up Arsenal. Ia mencetak gol kedua bagi The Gunners, merebut bola di lini tengah, melangkah ke depan dan mencetak gol.

Vieira telah bermain 279 pertandingan liga untuk The Gunners, memenangkan tiga gelar liga dan empat Piala FA sebelum berangkat ke Juventus pada tahun 2005. Saat ikni dia menjadi pelatih New York City.