Dimana Mereka Sekarang? Skuad Chelsea Yang Memenangkan Piala FA 1997 (Bagian 2)

Chelsea 1997

BolaSempakKemenangan 2-0 atas Middlesbrough di pertandingan final Piala FA 1996/97 benar-benar menjadi sebuah kehormatan besar pertama bagi sebagian besar pemain yang terlibat, dengan memenangkan medali keempat di Piala FA. Ini juga berarti kehormatan besar pertama bagi Chelsea sejak Piala UEFA 1971.

 

Namun seperti artikel sebelumnya, kemana sajakah para mantan pemain The Blues tersebut ?

 

SCOTT MINTO (LB)

Final Piala FA akan menjadi pertandingan terakhir Scott Minto dengan jersey Chelsea. Dimana dia membuat keputusan yang jarang dilakukan pesepakbola asal Inggris dengan bergabung ke Benfica.

Dia didatangkan dari Charlton pada tahun 1994 saat Hoddle menjadi manajer Blues. Beberapa kabar menyatakan bahwa Minto seharusnya bergabung dengan klub setahun sebelumnya, namun kasus kesalahan identitas dari tim pencari bakat Chelsea membuat Anthony Barness (pemain Charlton lainnya) yang didatangkan klub kota London tersebut.

Bagaimanapun, Minto akhirnya pindah beberapa tahun kemudian dan meraih trofi di tahun 1997.

Dia sekarang menjadi presenter TV dengan Sky Sports dan memiliki reputasi sebagai salah satu orang paling ramah yang akan Anda temui di lingkungan sepak bola.

 

ROBERTO DI MATTEO (MD)

Roberto Di Matteo mengatakan bahwa hanya butuh sedikit waktu untuk menjadi ‘dewa’ Chelsea.

Pemain asal Italia itu mencetak gol pertamanya melawan Middlesbrough pada Agustus 1996 saat mendapat kemenangan 1-0 di Stamford Bridge. Dia kemudian menindaklanjuti prestasi itu dengan mencetak gol terpenting dalam karir bersama Chelsea melawan Boro di menit awal pertandingan yang berlangsung di Wembley.

Di Matteo mendominasi lini tengah, mengatur di lini belakang sebelum melepaskan tembakan jarak jauh.

Di Matteo adalah legenda di London barat, bukan hanya dia mencetak gol pembuka pada tahun 1997, dia juga mencetak gol saat melawan Boro di Final Piala Liga 1998 dan juga mencetak satu-satunya gol pada Piala FA 2000 melawan Aston Villa.

 

EDDIE NEWTON (MD)

Eddie Newton hanya mencetak 10 gol dalam karirnya di Chelsea, tapi bentuk ‘produktif’ itu tidak menghalangi dia menjadi pemain kunci untuk memastikan kemenangan atas Middlesbrough, dengan tembakannya menembus jala lawan di menit ke-83.

Dia tetap bersama Chelsea saat ini, bekerja di belakang layar dalam kapasitas pembinaan di Cobham dan juga terus mengawasi pemain pinjaman The Blues.

 

DENNIS WISE (MD)

Chelsea yang memiliki sosok Dennis Wise merupakan favorit untuk mengangkat trofi melawan Middlesbrough yang terdegradasi. Wise adalah kehidupan dan jiwa dari ruang ganti Stamford Bridge. Dia menjadi pemberi semangat rekan-rekannya dan hal itu tercermin dalam permainan Chelsea sehingga meraih trofi di tahun 1997.

Wise menjadi kapten Chelsea saat meraih kemenangan di Piala Liga dan Piala Winners pada tahun 1998, menyusuln dengan lebih banyak kesuksesan di Piala FA pada tahun 2000. Dia meninggalkan The Blues untuk Leicester pada tahun 2001.