Deretan Calon Manajer Terbaik di Football League (Championship)

BolaSempakDivisi Championship Inggris mungkin sering dipandang sebelah mata, tapi siapa sangka banyak potensi yang bisa diangkat dari kasta sepakbola tersebut.

 

Dan hal itu bukan hanya dari segi pemian atau klub, tapi juga manajer yang dianggap mampu membuat perubahan dan bahkan dicalonkan sebagai yang terbaik di divisi tersebut.

 

JAAP STAM (READING)

Reading adalah klub yang tidak memiliki banyak penggemar atau diperhitungkan, karena klub tersebut sering berpindah-pindah divisi dan belum sekalipun mencapai hasil mengesankan di setiap musimnya.

Royals benar-benar memiliki rasio tembakan terburuk ketiga di divisi Championship musim lalu, sementara 40% dari 68 gol mereka berasal dari set-piece. Namun kehadiran Stam untuk klub tersebut membawa perubahan signifikan. Reading perlahan-lahan mengalami penanjakan dan menembus 10 besar klasemen dibawah manajer asal Belanda tersebut.

 

HARRY REDKNAPP (BIRMINGHAM)

Nama Harry Redknapp mungkin sangat diperhitungkan di masa lalu, namun seiring usia yang semakin tua dan beberapa karirnya kurang mengesankan, terlebih lagi setelah melaith Tottenham, pria asal Inggris itu akhirnya menerima pekerjaan di Birmingham.

Tugas yang didapatkannya di divisi Championship bisa dibilang sama persis seperti ketika memimpin Portsmouth lebih dari satu dekade yang lalu, dan sedikit lebih menarik daripada kekacauan yang dialami di QPR.

Namun dengan pengalamannya sebagai manajer kelas atas, tentu sosok Redknapp tidak bisa diremehkan untuk Championship musim depan.

 

GARRY MONK (MIDDLESBROUGH)

Garry Monk adalah salah satu manajer yang cukup diperhitungkan selama karirnya di divisi Championship maupun Premier League. Dia berhasi membawa banyak perubahan untuk setiap tim yang dilatihnya, dimulai dari Swansea City hingga Leeds United.

Sekarang di Middlesbrough, Monk terlihat memiliki basis yang lebih kuat dan mendapat dukungan lebih besar di bursa transfer. Dengan segala pengalamannya, diharapkan Monk bisa membawa tim yang terdegradasi itu bisa kembali ke divisi tertinggi.

 

SLAVISA JOKANOVIC (FULHAM)

Fulham adalah tim terbaik di Championship sejak pergantian tahun 2017, bermain dengan gaya permainan khas dan dianggap layak berada di Premier League. Sosok yang membawa kesuksesan untuk klub tersebut adalah Jokanovic, membawa perubahan sejak tahun 2015 ketika pergi dari Watford.

Namun pada musim lalu, manajer asal Serbia itu tidak cukup beruntung untuk membawa timnya melangkah ke Premier League. Namun dengan sedikit usaha, prestasi tersebut sangat mungkin dicapai musim depan.