Curhatan Guardiola di Manchester City: “Mereka Tidak Akan Menulis Sejarah Untuk Pecundang”

Pep Guardiola

BolaSempak Pep Guardiola siap menjadi sasaran kritik di Manchester City, meskipun mendapatkan pujian di awal musim ini.

 

Mantan bos Barcelona dan Bayern Munich itu menegaskan tidak ada yang istimewa pada dirinya, menjelaskan ia hanya menerima perhatian dan gembar-gembor dari media karena ia mampu memenangkan banyak trofi.

 

Guardiola juga berpikir semua manajer Premier League yang beroperasi di tingkat tertinggi akan menerima kritik jika gagal mencapai harapan yang ditetapkan sejak awal kedatangannya.

 

Bos City itu ditanya bagaimana ia mengatasi pengawasan dari metode kepelatihannya dan mengungkapkan ia hampir tidak memikirkan apa yang diberitakan negatif tentangnya, meskipun ia telah menjadi subjek dari buku dan film dokumenter.

 

“Apakah Anda tahu mengapa? Itu karena kami menang,” katanya kepada Sky Sports. “Apakah Anda pikir mereka akan menulis buku tentang pecundang? Akan lebih baik untuk membaca buku tentang mengapa mereka menjadi pecundang, kadang-kadang hal seperti itu lebih menarik.

 

“Mereka menulis buku-buku dan membuat dokumenter karena kami menang. Dan kami menang karena terjadi dengan tim besar seperti Barcelona dan Bayern Munich.

 

“Percayalah, semua manajer di tingkat ini – di Premier League – memiliki periode yang sama sejak awal kedatangan, ketika harapan banyak pihak sulit dicapai. Semua dari mereka adalah sosok profesional berkelas yang berbicara kepada saya tentang kerasnya liga ini.

 

“Jadi para kritikus dapat mempersiapkan pernyataan saat sebuah tim gagal memenangkan pertandingan. Bagaimana saya bisa mengatasinya? Jangan membaca terlalu banyak berita, dan jangan berpikir terlalu banyak tentang itu, kalau tidak saya tidak akan tidur di malam hari. Hanya berpikir tentang apa yang kami lakukan di pertandingan terakhir dan apa yang bisa kami lakukan di pertandingan berikutnya untuk menjadi lebih baik. Itulah satu-satunya cara untuk bertahan hidup di liga ini.

 

“Jika Anda berpikir tentang gagal memenuhi harapan orang-orang dan para pemain, itu akan sulit untuk bertahan hidup sesuai dengan apa yang diinginkan.”