Barcelona vs Real Madrid: Dominasi Messi Membuat Ronaldo “Semakin” Tertinggal

Lionel Messi,Cristiano Ronaldo

bolasempak.com Ketika pertandingan LaLiga 2017-18 hampir selesai, akhir pekan ini akan ada sesuatu yang menarik perhatian penggemar sepakbola di Spanyol, bahkan di dunia.

 

Empat pertandingan terakhir musim ini, Barcelona dan Real Madrid akan bertemu di Camp Nou di salah satunya.

 

Barca akan bermain di kandang sendiri untuk pertama kalinya sejak merebut gelar liga dari Madrid, setelah meraih kemenangan 4-2 atas Deportivo La Coruna akhir pekan lalu.

 

Pasukan Ernesto Valverde belum merasakan kekalahan di papan atas Spanyol musim ini dan unggul 15 poin di atas rival terberat mereka.

 

Salah satu penjelasan yang mungkin untuk sebuah pertandingan bertajuk El Clasico adalah kontribusi dari Lionel Messi untuk Barca serta Cristiano Ronaldo untuk Real Madrid. Namun siapa yang benar-benar terbaik diantara mereka ?

 

 

Pencetak gol terbanyak

32 gol Messi di La Liga musim ini membuatnya unggul 8 gol atas Ronaldo. Rekor striker  33 tahun dari 24 gol mengesankan sejak pergantian tahun, dimana bintang Portugal itu membuat 25 penampilan sedangkan Messi memiliki 33 penampilan.

 

Gol dari luar area penalti

Salah satu gol luar biasa yang dicetak Messi terjadi dari jarak 18 meter, bahkan memiliki enam upaya dari posisi yang sama.

Dan meskipun Ronaldo menunjukkan kemampuannya dengan tendangan overhead di Liga Champions melawan Juventus, dia belum mencetak gol dari luar area penalti di La Liga musim ini.

 

Total tembakan

Ronaldo memiliki 166 upaya yang lebih tinggi lebih 55 upaya atas Luis Suarez. Namun, upaya Messi (187) menunjukkan dia lebih lihai dalam hal ini.

Ketiganya adalah pemain yang membuat was-was pertahanan lawan dengan sentuhan di dalam area penalti. Suarez (266) unggul atas Ronaldo (245) namun juga tertinggal dari Messi (282).

 

Assist

12 assist membuat Messi unggul di kategori ini, dengan Luis Suarez, Pione Sisto (Celta Vigo), Pablo Fornal (Villarreal) dan Goncalo Guedes (Valencia) memiliki 9 assist. Sedangkan Ronaldo hanya memiliki 5 assist.

 

Peluang yang dibuat

Seorang pemain mungkin bisa memiliki total tembakan yang banyak meskipun Messi unggul dalam banyak hal. Striker asal Argentina ini telah menciptakan 82 peluang bagi rekan-rekannya di Barca, dengan Lucas Perez membuat 73 peluang bersama Deportivo.

Toni Kroos (56) adalah yang terbaik di sisi Real Madrid, sementara Ronaldo membuat 38 peluang.