Paus4d

Arjen Robben dan Karir Bersama Tim Nasional Belanda

BolaSempak Arjen Robben telah mengakhiri karir internasionalnya setelah 14 tahun mewakili tim nasional Belanda.

 

Robben memainkan pertandingan terakhirnya untuk Oranje pada hari Selasa saat Belanda mengalahkan Swedia dengan skor 2-0 namun gagal mencapai tempat play-off Piala Dunia, pemain sayap Bayern Munich itu tampil mengesankan dengan mencetak gol untuk meraih kemenangan, selain menjadi kapten tim.

 

Robben mungkin adalah satu-satunya pemain dari angkatan yang berisi Sneijder, Van der Vaart dan Van Persie yang masih aktif bersama Belanda, dan itu karena sikapnya di dalam dan luar lapangan yang sangat profesional, meskipun serangkaian masalah cedera datang terutama di level klub.

 

Dan sekarang, ada catatan internasional yang baik dari pemain yang berhasil membawa Belanda ke final Piala Dunia 2010.

 

Arjen Robben adalah pencetak gol terbanyak keempat untuk Belanda dengan 37 gol (setingkat dengan Dennis Bergkamp), di belakang Robin van Persie (50), Klaas-Jan Huntelaar (42) dan Patrick Kluivert (40).

Sejak debutnya pada 30 April 2003 (vs Portugal), Robben hanya tampil di 51% dari semua pertandingan Belanda di tingkat internasional (96 dari 187 pertandingan).

Hanya Wesley Sneijder (33 dari 132 pertandingan) yang memberi assist lebih banyak  untuk Belanda daripada Robben (29) sejak debutnya pada April 2003.

Robben mencetak atau membantu sebuah gol untuk Belanda rata-rata sekali dalam 112 menit (37 gol, 29 assist).

Robben menjadi pemain pertama yang mencetak setidaknya dua gol dalam pertandingan terakhirnya untuk Belanda sejak Piet de Boer pada 1937.

Dengan dua golnya melawan Swedia, Robben kini mencetak gol melawan 26 negara yang berbeda;,hanya Robin van Persie (30) dan Klaas-Jan Huntelaar (27) yang mencetak gol lebih banyak.

Robben mencoba tembakan lebih banyak (7) dan tembakan ke arah gawang (4) dibanding pemain lainnya pada pertandingan terakhir ketika Belanda vs Swedia.

Hanya Johnny Rep (7) yang mencetak lebih banyak gol di Piala Dunia untuk Belanda daripada Robben (6 gol, setingkat dengan Bergkamp, Rob Rensenbrink, Van Persie dan Sneijder).

Robben (106) adalah satu dari lima pemain dengan 100 atau lebih banyak dribble di putaran final Piala Dunia sejak tahun 1966, bersama Lionel Messi, Diego Maradona, Jairzinho dan Mario Kempes.

Robben lebih sering ditinggal di Piala Dunia daripada pemain lain sejak edisi 2006 (47 kali). Robben adalah satu-satunya pemain mencatatkan dengan lebih dari satu tembakan ke arah gawang pada pertandingan final Piala Dunia 2010 (2).