5 Pertanyaan Besar Terkait Langkah James Rodriguez Dari Real Madrid ke Bayern Munich

BolaSempak Musim panas ini, kepergian James sudah tak terelakkan dengan Bayern Munich mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan pinjaman dua tahun (dengan opsi untuk membeli secara permanen). Kesepakatan itu terbilang aneh sehingga  menimbulkan beberapa pertanyaan.

 

1.Mengapa Real melepaskan salah satu bintang mereka ?

Real Madrid telah memutuskan untuk “membuang” James jauh sebelum musim berakhir, namun masih berstatus pinjaman dan memungkinkan menjualnya dengan pendapatan yang lebih sedikit. Namun harus diakui bahwa James Rodriguez berada di belakang sebuah antrian yang mencakup Gareth Bale, Isco, Marco Asensio dan Lucas Vazquez.

Selama era Carlo Ancelotti, James menikmati waktu bermain sebagai reguler bersama Luka Modric dan Toni Kroos. Tapi posisi tersebut menjadi lebih sulit di era Rafa Benitez dan Zidane. Dia harus dimainkan di beberapa posisi yang bukan aslinya dan terlihat tidak nyaman, atau bahkan jadi penghangat bangku cadangan.

Florentino Perez mungkin ingin mengembalikan kombinasi £ 140 juta dari penjualan Rodriguez dan Alvaro Morata, dan menggunakannya untuk mendanai perekrutan Kylian Mbappe, namun Real Madrid terlihat buruk ketika melepas James dan tidak sesuai harapan.

 

2.Apakah Madrid memperkuat saingan di Liga Champions ?

Tentu saja, Real Madrid memang menjauhkan Toni Kroos dari Bayern pada tahun 2014, jadi tak ada yang bisa memastikan efek domino masa depan di antara kedua klub setelah kesepakatan pinjaman James ini. Mungkin juga Real gagal meyakinkan Manchester United untuk memenuhi harga £ 60 juta utnuk James dan akhirnya memilih rute lain.  Entah karena memang minimnya tawaran atau untuk menjaga hubungan baik dengan Bayern Munich.

Jika ada James pada akhirnya bermain bagus, tentu Bayern akan diuntungkan dengan potongan harga yang sudah disepakati dan bahkan bisa menggugurkan Real Madrid jika bertemu di turnamen yang sama.

 

3.Apakah Carletto bisa mengeluarkan potensi James ?

Rodriguez memainkan sepakbola terbaik dalam karirnya di bawah kepelatihan Ancelotti pada tahun 2014.  Dengan mengakuisisi anak emas asal Kolombia, Ancelotti sekarang memiliki kedalaman untuk memperkuat lini depannya. James bisa dirotasi dengan Arjen Robben dan Thomas Muller, tapi juga memberikan alternatif serangan bersama Kingsley Coman dan Franck Ribery.

 

4.Apakah Real Madrid membuka ruang untuk “Galatico” baru ?

Mungkin kepergian James tidak akan terasa karena musim lalu dia memang tidak menjadi pilihan, dan banyak spekulasi yang menganggap akan ada ruang untuk bintang baru di skuad Madrid.

Kylian Mbappe yang berusia 18 tahun mungkin masih menarik bagi Perez – apakah tahun ini atau berikutnya – tapi ini adalah langkah tersendiri, terlebih lagi setelah penjualan Morata ke Chelsea.

 

5.Apakah untuk ruang bagi Bale, Isco, Asensio, Vazquez dan Ceballos ?

Gareth Bale adalah pilihan di tim utama, sementara kemajuan Isco musim lalu hampir pasti memberinya peran yang lebih menonjol. Namun hal ini menciptakan ruang lebih jauh dimana Marco Asensio dan Vazquez untuk tumbuh.

Kemudian kabar terakhi Dani Ceballos menjadi kasus yang lebih menarik. Sementara posisi idealnya adalah sebagai gelandang tengah, ia juga bisa bermain dalam peran yang lebih tinggi. Fleksibilitasnya akan melihat dia berada di posisi manapun.