5 Alasan Mengapa Fans Arsenal Bisa Optimis Untuk Musim Depan

Arsenal Fans

BolaSempak Arsenal musim ini terlihat mengalami hal yang tidak biasa, mereka harus terlempar dari empat besar klasemen dan gagal menembus Liga Champions pertama kalinya dalam era kepemimpinan Arsene Wenger.

 

Berbagai rumor terlihat semakin kencang dimulai dengan masa depan Wenger, hingga duo pemain andalan mereka Alexis Sanchez dan Mesut Ozil yang kontraknya berakhir tahun depan.

 

Dengan  banyaknya desas-desus yang beredar, mungkin fans Arsenal akan merasa khawatir tentang masa depan klub kesayangannya, tapi ternyata ada hal yang bisa membuat mereka harus merasa optimis, kenapa ? Berikut adalah alasannya.

 

1.Kejelasan terkait manajer

Dengan pengakuan Arsene Wenger sendiri, Arsenal telah menderita di dalam dan di luar lapangan karena tidak memiliki kejelasan mengenai posisi manajer. Sepanjang musim, keraguan dari dewan klub juga seperti bom waktu dan pasti ada pengaruh pada kinerja tim.

Yang pasti positif adalah pendukung Arsenal akan tahu siapa yang akan bertugas musim depan. Kelihatannya Wenger tetap memimpin, tapi untuk berapa lama dan di bawah kondisi apa harus dibuat eksplisit dalam beberapa hari kedepan.

Begitu banyak rumor dan sekarang Arsenal terlihat lumpuh. Begitu situasi Wenger diputuskan, klub bisa mulai bergerak maju.

 

2.Kemungkinan pemilik baru

Penggemar Arsenal telah sibuk memperdebatkan siapa yang akan menjadi manajer berikutnya di sebagian besar musim ini. Namun, mereka mungkin menghabiskan musim panas untuk mendiskusikan identitas pemilik klub selanjutnya.

Selama beberapa tahun terakhir, dominasi Stan Kroenke atas Arsenal sebagian besar tidak tertandingi dan tidak diragukan lagi. Kepemimpinannya mutlak dan posisinya tidak terancam. Namun di minggu terakhir musim Premier League, berita tentang tawaran untuk mengambil alih Arsenal dari Alisher Usmanov menanamkan beberapa keyakinan bahwa mungkin saja Arsenal bisa melepaskan diri dari pemilik apatis mereka.

Namun tidak semua penggemar Arsenal merasa nyaman dengan prospek Usmanov mengambil alih alih The Gunners, tapi jika benar terjadi, maka dia bisa mengubah Arsenal menjadi kekuatan lebih baik dari era sebelumnya.

Beberapa minggu yang lalu, Kroenke tampak tak tersentuh. Kini, penggemar Arsenal yakin ada peluang nyata untuk menggulingkan pemilik klub tersebut.

 

3.Tantangan yang berbeda di Eropa

Ketika Premier League berakhir, penggemar Arsenal pasti merasa sulit untuk menerima kenyataan bahwa mereka akhirnya absen di empat besar klasemen.

Kali ini rekor panjang Arsene Wenger meraih tempat di Liga Champions sudah berakhir, dan Arsenal harus menghadapi prospek memasuki Liga Europa untuk pertama kalinya setelah dua dekade.

Ada beberapa kelemahan. Liga Europa tidak memiliki kemewahan seperti Liga Champions dan bisa menyebabkan banyak masalah.

Namun, banyak penggemar Arsenal yang sudah mulai bosan dengan Liga Champions karena mereka sering dikalahkan Barcelona atau Bayern Munich.

Liga Europa menjanjikan pertandingan melawan klub-klub baru, dan sebuah kompetisi yang membuat Arsenal memiliki peluang menang di Eropa.

 

4.Rob Holding

Bisnis transfer Arsenal musim panas lalu tidak bisa dianggap sepenuhnya sukses. Meskipun Granit Xhaka telah menunjukkan kemampuannya, sulit untuk membantah bahwa entah dia atau Shkodran Mustafi belum layak dibeli dengan harga mahal. Sedangkan untuk Lucas Perez, paruh kedua musim ini telah melihat pemain asal Spanyol itu berjuang sendirian.

Namun, penandatanganan Rob Holding dari Bolton bisa dianggap sebagai salah satu perekrutan terbaik musim ini.

Penggemar Arsenal harus berhati-hati agar tidak terlalu berharap pada pemain muda.  Namun Holding mampu menyesuaikan diri dengan cara yang benar-benar luar biasa.

Sejak masuk ke tim utama secara reguler, Holding telah membantu menstabilkan pertahanan Arsenal. Jika dia terus berkembang tahun depan, The Gunners pasti akan menuai keuntungan.

 

5.Formasi

Dalam beberapa tahun terakhir, strategi Arsenal sangat mudah ditebak. Hal itu dibuktikan setelah Crystal Palace mengalahkan Arsenal dengan skor 3-0 di Selhurst Park, dimana Alalrdyce (manajer Palace) mengatakan bahwa dia sudah bisa membaca cara bermain Arsenal.

Sesuatu yang perlu diubah, dan membuat Wenger menerapkan formasi tiga pemain bertahan yang terlihat lebih efektif. Hal ini mungkin dimaksudkan sebagai perbaikan sementara, namun beberapa pemain mungkin masih kesulitan beradaptasi dengan sistem baru.

Perekrutan Arsenal musim panas ini boleh dibilang terstruktur karena akan menyesuaikan kebutuhan pemain dengan formasi baru juga.