Paus4d

3 Perubahan Besar Yang Harus Dipersiapkan Liverpool Jelang Musim 2017/18

BolaSempak Hasil akhir musim lalu di posisi empat besar adalah tanda kemajuan yang jelas bagi Liverpool, namun perbaikan akan dibutuhkan jika mereka ingin tetap bertahan di posisi yang sama dan bahkan untuk menjadi pennatang serius di level Eropa.

 

Berikut adalah tiga perubahan yang harus dilakukan Jurgen Klopp saat timnya bersiap menghadapi musim 2017/18.

 

1.Selesaikan masalah cedera

Tanpa cederanya para pemain kunci, Liverpool bisa saja menantang Chelsea untuk gelar juara musim lalu. Duo bek tengah yang diisi Joel Matip dan Dejan Lovren, ditambah kapten Jordan Henderson dan Sadio Mane, absen 25% dari musim tersebut. Gelandang kunci seperti Adam Lallana dan Philippe Coutinho juga absen hampir 20% musim lalu.

Klopp menegaskan bahwa masalah cedera adalah nasib buruk dan bukan tentang metode pelatihannya atau gaya bermain dengan intensitas tinggi.

Namun faktanya tetap demikian, pada musim penuh Klopp di liga tanpa jeda musim dingin, timnya mulai melemah dan beberapa kendala bermunculan.

Klopp mengangkat pelatih kebugaran dan physio baru, yang merupakan tangan kanannya sewaktu melatih Mainz.  Namun masalah cedera tetap dan tang menjadi hal buruk bagi ambisi mereka.

Setiap manajer akan mengevaluasi musim mereka, dan sementara Klopp secara terbuka meremehkan masalah cedera itu sebagai nasib buruk, dia harus memeriksa apakah ada sesuatu yang dapat dia lakukan untuk memastikan masalah tersebut tidak muncul lagi.

 

2.Mengganti kapten tim

Saran yang paling kontroversial, tapi kapten Liverpool harus bisa bermain lebih dari 30 pertandingan per musim. Itu adalah sesuatu yang Jordan Henderson tidak mampu lakukan sejak mendapatkan ban kapten dari Steven Gerrard dua tahun lalu.

Henderson harus absen karena cedera kecil di bulan Februari; Gelandang absen dua minggu tapi membuat waktu bermainnya berkurang. Baik pemain dan manajer telah berbicara tentang sebelum pra-musim, namun keduanya tidak ragu mengenai hal itu.

Henderson berhasil dengan baik di posisi barunya sebagai gelandang bertahan sampai mengalami cedera, tapi kenyataannya Emre Can adalah pilihan yang lebih baik untuk memainkan peran seperti Busquets dalam formasi 4-3-3.

Ada beberapa kabar bahwa salah satu alasan mengapa kontrak baru Can belum disepakati adalah bahwa dia ingin mematenkan peran itu, bukan sebagai pelapis Henderson.

Klopp akan bijaksana untuk menempatkan kepercayaannya pada rekan senegaranya di lini tengah dan dengan demikian menunjuk seorang kapten baru yang dianggap lebih layak.

 

3.Meningkatkan kualitas tim dengan mendatangkan enam pemain atau lebih

Hanya 17 pemain Liverpool yang menjadi starter lebih dari 10 kesempatan di semua kompetisi pada musim 2016/17, mengingat masalah cedera yang membuat Klopp jarang bisa memilih starting XI terbaiknya.

Musim depan juga mungkin manajer asal Jerman itu akan memberikan kesempatan pada beberapa pemain muda seperti musim lalu, tapi Klopp juga perlu meningkatkan kualitas kelompok secara signifikan untuk memenuhi komitmen di level domestik dan Eropa.

Karena itu, skuad harus ditingkatkan setidaknya dengan enam pemain agar memberi Klopp lebih banyak pilihan.