3 Pemain Yang Bisa Gantikan Coutinho di Liverpool

BolaSempakDalam beberapa pekan terakhir, nama Coutinho memang diperdebatkan akan berseragam Barcelona, tetapi hal itu sempat dibantah pihak Liverpool.

 

Namun setelah Neymar hengkang ke PSG dengan nilai transfer rekor dunia, nama Coutinho semakin santer untuk menggantikan mantan pemilik nomor 11 tersebut, dan jika akhirnya gelandang asal Brasil itu meninggalkan Inggris, siapa sajakah yang layak menggantikan posisinya ?

 

Thomas Lemar (Monaco)

Dengan 14 gol dan 17 assist di semua kompetisi musim lalu, Lemar adalah salah satu alasan utama mengapa Monaco mengakhiri hegemoni PSG di Prancis dan mencapai semifinal Liga Champions. Meskipun ia tidak menarik perhatian yang sama seperti Kylian Mbappe, Radamel Facao dan Bernardo Silva, beberapa klub menginginkan jasa Lemar musim panas ini.

Pemain muda Prancis itu mungkin tidak memiliki ‘sihir’ seperti Coutinho dengan bola di kakinya, tapi ia dapat menyebabkan malapetaka pada pertahanan lawan. Seorang pemain sayap berkaki kiri dengan umpan silang dan visi yang sangat bagus, Lemar adalah pemain yang sanggup membaca permainan dengan baik dan menggabungkannya dengan rekan satu timnya. Dia memiliki pengalaman bermain lebih dalam di lini tengah juga, selain persentase kinerjanya sangat mengagumkan.

Meyakinkan sang juara Ligue 1 untuk menjual bintang mereka adalah hal yang sulit, tapi Liverpool mungkin bisa menggodanya dengan nilai transfer yang besar.

 

Hakim Ziyech (Ajax)

Ziyech menikmati musim perdana di Ajax dengan cara yang brilian, menciptakan peluang paling besar dari setiap pemain di Liga Europa dan Eredivisie musim lalu. Pemain internasional Maroko tersebut kini tampak siap untuk melakukan langkah lain dalam karirnya di usia 24 tahun. Dengan Ajax gagal mencapai Liga Champions musim ini, waktunya akan sangat baik bagi Liverpool untuk membuat penawaran.

Ziyech mencetak 7 gol dan 11 assist pada musim lalu, sekaligus menciptakan 3,8 peluang dan menyelesaikan 2,8 long ball per game. Keakuratannya mencapai 76% mungkin tidak terlihat terlalu mengesankan, tapi itu karena dia adalah distributor bola dalam serangan. Jurgen Klopp pun tidak diragukan lagi tertarik dengan cara bermain Ziyech yang mampu bertahan.

Ziyech adalah pemain dengan bakat luar biasa yang masih memiliki banyak ruang untuk tumbuh. Di bawah bimbingan manajer Liverpool, dia bisa membuktikan diri sebagai pengganti Coutinho.

 

Luan (Gremio)

Nama Luan sangat terkait dengan kepindahan ke Eropa dalam dua tahun terakhir, dengan Liverpool dan Leicester disebut-sebut sebagai tujuan potensial. Jika The Reds menginginkan pemain yang bisa menawarkan bakat dan kreativitas seperti Coutinho, mereka seharusnya tidak terlihat lebih jauh dari rekan senegaranya.

Pemain Brasil berusia 24 tahun itu bisa bermain di manapun di lini depan dan memiliki kontrol bola yang luar biasa. Dia memiliki akurasi tembakan jarak jauh yang baik dan sering ikut membangun serangan dari lini tengah.

Luan tampaknya akan meninggalkan Gremio sebelum akhir bulan, dengan presiden klub tersebut mengkonfirmasikan bahwa Spartak Moscow telah mengajukan penawaran. Namun Liverpool juga bisa menjadi pilihan jika penawaran resmi datang.