11 Fakta Aneh Tentang Pesepakboola Legendaris (Bagian 3, Selesai)

Robert Schlienz

BolaSempakMasih dalam pembahasan tentang legenda sepak bola yang memiliki hal unik atau semacamnya. Berikut adalah urutan ke-8 hingga 11.

 

ROBERT SCHLIENZ

Sejumlah pemain sepak bola profesional telah menikmati karir yang sukses meskipun pada kenyataannya mereka kehilangan anggota badan, tetapi tidak melakukannya pada tingkat yang lebih tinggi seperti yang dimiliki Schlienz.

Saat bertanding pada tahun 1948, striker itu meletakkan lengannya di jendela. Ketika mobil terbalik setelah menabrak lubang, lengannya yang tersisa bisa disembuhkan, tapi harus diamputasi.

Hebatnya, ia kembali beraksi empat bulan kemudian, dan kemudian memenangkan dua kejuaraan liga dengan Stuttgart dan tiga caps internasional untuk negaranya. Apa yang membuat cerita Schlienz bahkan lebih inspiratif adalah sebelum menjalani karirnya sebagai pesepakbola profesional, ia juga selamat dari aksi penembakan di Jerman pada Perang Dunia Kedua.

 

BOB THOMSON

Sepak bola, lebih dari olahraga lainnya, memerlukan koordinasi kaki-mata yang sangat baik. Ini tidak diragukan lagi menjadj sifat yang paling penting dan harus dimiliki pemain profesional, mantan striker Chelsea lainnya belum selegendaris Bob Thomson yang sukses walaupun hanya memiliki satu mata setelah kecelakaan di masa kecil.

Dia masih berhasil mencetak 23 gol dalam 83 penampilan kompetitif untuk Chelsea, serta lebih dari 100 gol di masa perang pada pertandingan tidak resmi antara 1915 dan 1917.

Ketika Thomson ditanya bagaimana ia berurusan dengan bola ketika sebgian matanya buta, ia hanya menjawab: “Saya hanya diam dan bermain dengan memori.”

 

HUGH MCLENAHAN

Rekor biaya transfer saat ini adalah £ 89 juta, namun uang tunai tidak selalu digunakan untuk membeli pemain. Pada tahun 1927, Manchester United membeli Hugh McLenahan dari Stockport County dengan meyakinkan mereka mendapat freezer (kulkas/kotak pendingin) penuh es krim.

Louis Rocca, asisten manajer United saat itu, adalah bagian dari sebuah keluarga yang menjalankan bisnis es krim yang sukses dan sosok penting dalam mendapat kesepakatan yang dilakukan. The Red Devils juga punya nilai makanan penutup untuk McLenahan, yang kemudian muncul 112 kali dengan jersey mereka.

 

INSIDEN SATU TIM ASAL DR KONGO

Insiden tragis ini mungkin terjadi dalam pertandingan minor yang berlangsung di provinsi timur dari Kasai di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1998, dan para pemain yang terlibat dijadikan legenda sepak bola sebagai hasilnya.

Petir menyambar lapangan dalam pertandingan antara Basanga dan Bena Tshadi, menewaskan semua anggota tim Bena Tshadi sementara secara ajaib (dan agak aneh) meninggalkan semua pemain Basanga tak terkena cedera sedikipun. Tiga puluh orang lain yang hadir mendapatkan luka bakar, namun tidak ada orang yang terluka fatal.

Kongo berada di Afrika tengah, bagian dari dunia di mana sihir sering disalahkan karena fenomena alam yang merugikan. Hal itu cukup umum saat tim sepak bola menyewa dukun untuk menempatkan merugikan lawan mereka.