10 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepakbola Saat Ini (Bagian 2)

Messi

BolaSempakAda beberapa hal yang berubah dalam sepakbola era modern dan terutama di masa sekarang, entah itu dimulai dari segi peraturan hingga dari segi bisnis.

 

Namun juga ada sosok penting yang dianggap mempengaruhi dunia sepakbola, terutama saat ini. Untuk melanjutkan artikel sebelumnya, siapa sajakah sosok berpengaruh sepakbola tersebut ?

 

5.LIONEL MESSI

Messi telah menjadi simbol di zamannya. Dia tentu saja ada di mana-mana, di seluruh kampanye La Liga bagi Barcelona yang sukses dan lonjakan di kompetisi Eropa. Dia juga menarik banyak sponsor.

Messi bukan hanya pemain terbaik dunia, tapi juga aset paling berharga. Sementara pengaruhnya tidak harus berasal dari kekuatan formal apa pun, keunggulannya yang tak terbantahkan membantu menentukan perkembangan dari generasi saat ini.

 

4.ALEKSANDER CEFERIN

Presiden UEFA yang diangkat sejak September 2016, Ceferin adalah hal yang langka: seorang birokrat sepakbola yang ingin membuat perubahan. Sampai saat ini, dia belum benar-benar meyakinkan siapa pun bahwa dia tidak berada di bawah pengaruh parsialnya di FIFA, Gianni Infantino, namun dia jelas tidak memiliki ilusi tentang sifat mandatnya.

Selama masa jabatannya, Ceferin harus memimpin perlawanan melawan reformasi Liga Champions. Di masa lalu, Ceferin juga telah menjadi advokat kompetisi liga lintas batas dan tampaknya bertekad untuk menemukan cara untuk meningkatkan mobilitas dalam permainan sepakbola.

 

3.JORGE MENDES

Jika Anda bertanya kepada Cristiano Ronaldo tentang Jorge Mendes, dia akan memberi tahu Anda tentang seorang pria baik hati dan bijaksana yang juga menghabiskan sekitar 20 jam sehari melalui pesawat telepon. Mendes selalu sigap untuk mengurus kliennya.

Tapi Mendes tidak hanya mewakili pemain. Dia adalah pria yang bisa Anda hubungi jika Anda seorang miliarder yang baru saja membeli klub baru dan Anda ingin berinvestasi.  Mendes bahkan telah membantu pengambilalihan beberapa klub, contohnya seperti Peter Lim di Valencia dan Dmitry Rybolovlev di Monaco.

 

2.GIANNI INFANTINO

Sebelum pindah ke FIFA, Infantino memulai karir administrasinya di UEFA dan dia menduduki peran sebagai Wakil Sekretaris Jenderal dan, kemudian, posisi senior itu sendiri. Selama masa itu, dia berada di garda depan berbagai reformasi UEFA, termasuk inisiatif Financial Fair Play, perluasan Kejuaraan Eropa, dan konsepsi dari kompetisi 2020 tanpa tuan rumah.

Naik jabatan sebagai presiden FIFA terjadi sebagai akibat dari kegagalan Sepp Blatter yang berlarut-larut. Sdans etelah terpilih, dia mulai mencanangkan pengaruhnay di dunia sepakbola.

 

1.RICHARD SCUDAMORE

Status Premier League kini dianggap sebagai mesin pembuat uang tanpa henti sebagian besar berkat kepemimpinan eksekutifnya. Scudamore, pria 57 tahun yang bergabung dengan organisasi tersebut pada tahun 1999, telah mengawasi perluasan jangkauan dan pendapatan globalnya. Kesepakatan televisi terbaru bernilai lebih dari £ 5 miliar dan itu hanya untuk pasar domestik.

Pemain terbaik di dunia mungkin bermain di Spanyol, tapi Premier League masih menjadi favorit banyak penggemar sepakbola.