10 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepakbola Saat Ini (Bagian 1)

CR7

BolaSempakAda beberapa hal yang berubah dalam sepakbola era modern dan terutama di masa sekarang, entah itu dimulai dari segi peraturan hingga dari segi bisnis.

 

Namun juga ada sosok penting yang dianggap emmpengaruhi dunia sepakbola, terutama saat ini. Jadi siapa sajakah mereka?

 

 

10.CRISTIANO RONALDO

Setelah Ronaldo mencetak hat-trick ke-47 ketika melawan Atletico Madrid di semifinal Liga Champions, BBC Sport menunjukkan bahwa pemain tersebut menjadi tiga kali lipat lebih baik dibanding saat membela Manchester United. Itu adalah bukti bagaimana penyerang Portugal itu terus memperbaiki dan bangkit di saat sulit. Dengan adanya Lionel Messi, pemain berjuluk CR7 itu terlihat menjadi jauh termotivasi.

Semua yang dimiliki Ronaldo serat catatan sejarahnya telah diukir dalam sebuah musiim di Madeira. Perlu diingat juga bahwa Ronaldo sempat menjadi pemain termahal dunia dan memiliki catatan yang luar biasa.

Pada tahun lalu, ketika banyak yang memprediksi Ronaldo akan kehilangan kekuatan sepertibiasanya, dia justru membawa Portugal meraih gelar Euro 2016, dan telah mencetak 44 gol dalam 45 pertandingan untuk klub dan negaranya dalam satu musim.

Perlu diingat juga bahwa Ronaldo kini menjadi role model untuk sepakbola dunia.

 

9.ED WOODWARD

Meskipun ada sedikit bencana sejak kepergian Alex Ferguson, Manchester United masih merupakan salah satu klub terbesar di dunia, terutama saat mereka mengalahkan Real Madrid dari puncak Money League Deloitte.

Avram dan Joel Glazer berada di puncak struktur manajemen United, namun sebagian besar transaksi adalah tugas Ed Woodward, sebagai wakil ketua eksekutif dan direktur klub.

Pria berusia 45 tahun itu adalah seorang bankir investasi, dan mulai bekerja di United setelah menasihati Glazer selama pengambilalihan kontroversial mereka. Dia menjadi orang terdepan setelah kepergian David Gill, dan dikritik keras oleh fans karena gagal mendaratkan target transfer dengan nama besar selama era David Moyes di klub tersebut. Kedatangan Marouane Fellaini, dengan biaya yang jauh lebih tinggi daripada klausulnya menjadi catatan buruk.

Namun Woodward tampaknya telah tumbuh dalam perannya, dan sekarang yakin melakukan pemotongan kesepakatan dengan beberapa pemain utama sepak bola. Dia juga membantu klub tersebut mendapatkan kesepakatan sponsor baru yang menguntungkan dengan adidas senilai £ 750 juta selama 10 tahun.

Selain itu juga, pekerjaannya berbuah manis karena United menjadi klub dengan brand yang sangat besar.

 

8.FLORENTINO PEREZ

Dari kebanyakan klub sepak bola, presiden inilah yang sebagian besar terlihat bertanggung jawab, sementara para eksekutif mengambil tempat duduk belakang.

Florentino Perez telah menjadi presiden klub super bergaya Spanyol sejak pergantian milenium, dan pada saat itu telah memastikan bahwa klub tersebut telah secara efektif menjadi salah satu tim dengan berisi nama-nama besar.

Perez memicu era galacticos yang mendunia dan mendapat kesuksesan di awal tahun 200an, dan kini dia juga berhasil membentuk galacticos kedua yang meraih tiga gelar Liga Champions dalam empat musim.

 

7.JOSE MOURINHO

Mourinho terlihat kesulitan sejak tiba di Manchester United pada awal musim dan. penggemar terpecah, tapi dia membawa kemajuan meski diragukan bisa membawa United meraih trofi penting.

Dia di plot sebagai pengganti Van Gaal yang meraih satu trofi di musim sebelumnya dan mendapat tekanan dari perbandingan dengan Ferguson yang meraih sukses bersama United, bahkan manajer yang pernah berseteru dengannya sewaktu masih memimpin Chelsea.

Namun di akhir musim, dia berhasil menjawab semua keraguan dan menunjukkan trofi bergengsi dari Liga Europa, Piala EFL dan Community Shield, bahkan dia membawa Manchester United kembali ke turnamen Liga Champions.

 

6.ROMAN ABRAMOVICH

Pada tahun 2003, Abramovich memutuskan untuk membeli Chelsea – sebuah tim yang berbasis di distrik London – yang di ambang masalah finansial. Sejak saat itu, miliarder asal Abramovich itu memimpin The Blues selama 14 tahun dan meraih 13 trofi utama, membuat Chelsea menjadi klub yang bertransformasi.

Pengaruh Abramovich membuat pertarungan di Premier League bergeser selama dekade terakhir. Serta dengan kepemimpinannya, Chelsea akhirnya meraih trofi Liga Champions dan Liga Europa.