Valverde Tanggapi Rumor Neymar ke Real Madrid: “Apapun Bisa Terjadi di Sepakbola”

bolasempak.com Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, tidak akan terkejut jika Neymar bergabung dengan Real Madrid, mengakui bahwa “apapun bisa terjadi di dunia sepakbola”.

 

Neymar meninggalkan Barca ke Paris Saint-Germain pada bulan Agustus dengan biaya € 222 juta sekaligus memecahkan rekor transfer dunia, dimana sang raksasa Catalan tidak berdaya untuk mempertahankan si pemain.

 

Menurut rumor yang beredar, Neymar ingin pergi demi meningkatkan peluang memenangkan Ballon d’Or dan keluar dari bayang-bayang Lionel Messi, namun sejak meninggalkan Barca, dia justru dikaitkan dengan klub ibukota Spanyol.

 

Kabar terakhir menyebutkan bahwa Madrid ingin mengganti Cristiano Ronaldo dengan bintang Brasil tersebut,  dan meskipun Valverde mengatakan dia tidak peduli dengan rumor itu, dia mengakui bahwa apapun yang terjadi tidak mengejutkannya.

 

“Saya tidak tahu,” katanya kepada wartawan pada sebuah konferensi pers, dikutip SPORT (28/1/2018). “Siapa yang tahu? Apapun bisa terjadi di sepakbola.

 

“Tapi jika ada dunia di mana banyak hal aneh bisa terjadi, itulah sepakbola, tapi itu bukan sesuatu yang saya khawatirkan. Saya cukup mengkhawatirkan bagaimana Barca mengakhiri musim.”

 

Banyak yang mengatakan bahwa kepergian Neymar membuat Barca menjadi lebih disiplin, dan mantan pelatih Bilbao itu sependapat bahwa timnya bisa bermain dengan cara berbeda jika Neymar masih bertahan.

 

“Sulit untuk menentukan apa yang akan kami lakukan dengan Neymar,” Valverde menambahkan. “Itu akan menjadi latihan yang aneh. Hilangnya kualitas seperti Neymar selalu merugikan, tapi kami masih mencetak gol.

 

“Kami juga sudah menyusun kembali cara bertahan, sekaligus bagaimana cara menyerang. Begitulah cara kami melakukannya, jika dia masih disini, semuanya akan berbeda.”

 

Salah satu yang diuntungkan dari kepergian Neymar adalah Philippe Coutinho dan Valverde memuji mantan bintang Liverpool tersebut, yang berpotensi diduetkan dengan Andres Iniesta di lini tengah.

 

“Kami harus memperhatikannya (Coutinho),” Valverde menjelaskan. “Kami perlu belajar bagaimana dia masuk ke sistem kami dan dia perlu belajar bagaimana bermain dengan rekan satu timnya.

 

“Dia berbeda dengan pemain manapun saat ini. Iniesta lebih sebagai gelandang sentral, sementara Coutinho mungkin bisa bermain lebih melebar. Dia memiliki keahlian tertentu, saya pikir kami bisa memainkannya di lini tengah.

 

“Saya juga berpikir mereka (Coutinho dan Iniesta) adalah tipe pemain yang berbeda, tapi juga lebih bebas, mereka bisa bermain dengan baik, mereka bisa bermain di posisi yang sama, tapi mari kita lihat bagaimana keadaan berkembang.”