Valverde: “Rekor Tak Terkalahkan Jadi Motivasi Barcelona”

bolasempak.com Ernesto Valverde mengatakan Barcelona termotivasi oleh kesempatan untuk membuat sejarah di La Liga dengan tidak terkalahkan selama satu musim penuh, tetapi pelatih tersebut ingin membungkus gelar terlebih dahulu.

 

Barcelona dapat mengambil langkah lain untuk merebut kembali trofi liga dari Real Madrid ketika mereka melakukan perjalanan ke Celta Vigo pada Selasa malam, dimana sang raksasa Catalan menikmati keunggulan 11 poin atas Atletico Madrid.

 

Meskipun Barca menderita kekalahan ditangan AS Roma di perempatfinal Liga Champions tengah pekan lalu, membuat keunggulan tiga gol dari leg pertama, pasukan Valverde menghadapi Sevilla di final Copa del Rey hari Sabtu setelah memecahkan rekor tak terkalahkan terpanjang di La Liga saat melawan Valencia.

 

Dan Valverde memperingatkan bahwa sementara dua gelar domestik bisa diraih dalam musim pertamanya di klub, Barcelona belum bisa mengakhiri musim dengan penghargaan apapun.

 

“Tujuan utama kami adalah memenangkan liga,” kata Valverde kepada wartawan, dikutip Sport (16/4/2018). “Akan sangat menyenangkan melakukannya tanpa kalah dalam permainan tetapi kami tahu itu sangat sulit sehingga tidak ada yang pernah melakukannya.

 

“Ini adalah kesempatan besar bagi kami, tetapi jika kami lebih khawatir untuk tidak terkalahkan daripada memenangkan liga maka itu bukan hal bagus.

 

“Tentu saja hal semacam ini adalah motivasi, tetapi memenangkan dua gelar adalah motivasi. Saat ini kami belum memenangkan apa pun, besok kami bisa maju selangkah.”

 

Dengan Madrid sulit mempertahankan gelar liga karena tertinggal 15 poin dari puncak klasemen, Barcelona sebagian besar tidak tertandingi untuk mendekati gelar tersebut.

 

Tapi Valverde menerima hasil Barca di tangan Roma sebagai titik hitam di musim ini secara keseluruhan.

 

“Saya tahu kekalahan melukai klub seperti ini,” tambah Valverde. “Tersingkir di Eropa atau kalah dalam pertandingan liga dan piala, saya tahu apa artinya ini.

 

“Tapi Anda tahu sebelumnya bahwa ketika Anda kehilangan banyak hal penting, itu tidak akan terlihat baik, tetapi Anda tidak ingin terbiasa melakukan itu. Kekalahan dari Roma itu menyakitkan, tapi bisa dibilang normal di klub seperti ini yang orang-orang merasakan hal yang sama.

 

“Itu bisa datang kapanpun. Kami tersingkir dari Liga Champions. Jika tim yang ditempatkan di tempat kedua selisih satu poin di belakang kami, mungkin orang-orang akan lebih peduli tentang liga.

 

“Kami memiliki keuntungan yang cukup besar untuk sebagian besar musim dan mungkin orang-orang berpikir itu terlihat terlalu mudah. Tapi kami belum memenangkan liga. Jika kami melakukannya, kami akan melihat ke belakang dan mencerminkan dengan cara yang tepat.”