Terlilit Kasus Pajak, Barcelona Beri Dukungan Pada Messi

Lionel Messi

BolaSempakBarcelona telah menyatakan dukungan mereka kepada Lionel Messi setelah keputusan Mahkamah Agung Spanyol menolak permintaan banding atas hukuman penjara 21 bulan yang ditangguhkan karena kasus pelanggaran pajak.

 

Pemain internasional Argentina itu diberi hukuman penjara pada Juli tahu lalu setelah dinyatakan bersalah – di samping ayahnya Jorge – dengan tiga tuduhan penipuan pajak terkait pendapatan dari hak citra yang dianggap telah menipu pemerintah Spanyol sebesar € 4.1 juta antara tahun 2007 hingga 2009.

 

Aksi banding Messi terhadap putusan kini telah ditolak, namun Barcelona tetap bertahan dengan pemain bintang mereka dan keluarganya.

 

“Klub akab menyatakan sekali lagi bahwa ada dukungan penuh untuk Leo Messi, ayahnya yaitu Jorge Messi, dan juga seluruh keluarganya,” kata juru bicara Josep Vives. “Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu menghubungi keluarga si pemain untuk mengkomunikasikan dukungan ini.

 

“Keluarganya merasa sangat bersyukur, tidak hanya sebagai pemberi isyarat, tapi juga untuk dukungan yang diterima pemain dan keluarganya dari klub selama ini. Klub akan terus meberikan perlindungan pada Leo Messi, ayahnya, dan keluarganya.”

 

Pemain internasional Argentina itu juga tidak akan menghadapi hukuman di penjara karena menurut undang-undang Spanyol, hukuman atas pelanggaran tanpa kekerasan yang dilakukan dua tahun lamanya dapat dilakukan dalam masa percobaan dan dengan  tidak memiliki hukuman kriminal sebelumnya.

 

Selama persidangan pada tahun 2016, Messi secara konsisten membantah terlibat dalam urusan pajak dan bersikeras fokusnya hanya pada bermain sepak bola.

 

“Memang benar, Messi tidak pernah melakukan segala sesuatu terkait urusan ekonomi dan juga pajak, hal itu di urus oleh ayahnya. Jadi saya kira apa yang dituduhkan kepada Messi bukanlah hal yang bear, bisa dibilang dia menjadi salah satu korban untuk kasus ini,” juru bicara itu menambahkan.