Setelah Liga Champions Beruntun, Zinedine Zidane Tinggalkan Real Madrid

Zinedine Zidane

bolasempak.com Hanya lima hari setelah memenangkan gelar Liga Champions ketiga berturut-turut, Zinedine Zidane mengumumkan kepergiannya dari Real Madrid pada konferensi pers terakhir.

 

Pria berkebangsaan Prancis berusia 45 tahun, yang mengambil alih kepelatihan dari Rafael Benitez pada Januari 2016, kini meninggalkan Los Blancos setelah membimbing mereka meraih tiga gelar Liga Champions berturut-turut dan satu kesuksesan La Liga.

 

“Saya pikir ini saatnya, baik bagi saya, tim dan klub (untuk mengundurkan diri). Ini adalah momen yang aneh untuk melakukannya, saya tahu tetapi juga sangat penting. Saya harus melakukan ini untuk semua orang,” kata Zidane. pada hari Kamis, menurut Reuters (31/5/2018).

 

Real Madrid telah memenangkan 104 pertandingan dan 29 imbang di bawah Zinedine Zidane. Di bawah kepemimpinannya, tim memiliki tingkat kemenangan sebesar 69,8%, mengantongi 9 trofi secara keseluruhan.

 

Zidane mengangkat trofi besar pertama dua tahun lalu ketika Real mengalahkan Atletico Madrid di final Liga Champions 2016. Setahun kemudian, tim itu mengalahkan Juventus di final dengan mencetak 4 gol yang mengesankan termasuk memenangkan gelar La Liga di tahun yang sama, unggul 3 poin atas Barcelona.

 

Menariknya, kepergian Zidane terjadi setelah Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo mengisyaratkan hengkang dari tim berbasis Santiago Bernabeu. Ketika ditanya apakah keputusannya ada hubungannya dengan Ronaldo, Zidane mengatakan: “Tidakā€.

 

Siapa yang menggantikan posisi Zidane di Real Madrid akan menjadi pertanyaan besar dalam beberapa hari mendatang.

 

Misalnya manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino sempat dikaitkan ke Real Madrid, meskipun pria asal Argentina tersebut telah memperbarui kontrak dengan pihak London. Di sisi lain pelatih Juventus Massimiliano Allegri dan juga Maurizio Sarri yang mengundurkan diri dari Napoli adalah beberapa pengganti potensial untuk Zidane.

 

Ditanya tentang siapa yang akan menggantikannya di kursi panas kepelatihan Madrid, Zidane mengatakan: “Ini bukan tugas saya untuk memberi tahu siapa yang layak menjadi pelatih selanjutnya.

 

“Pekerjaan saya sudah selesai dan itu artinya akan ada keputusan penuh dari presiden klub (Florentino Perez). Tapi saya pastikan bahwa saya tetap berhubungan dekat dengan klub ini, sebuah tempat yang memberikan banyak hal untuk saya.”