Real Madrid Umumkan Pengganti Zidane, Dan Ternyata Julen Lopetegui

Julen Lopetegui

bolasempak.com Real Madrid telah mengumumkan bahwa pelatih tim nasional Spanyol saat ini, Julen Lopetegui, akan menjadi pelatih baru jelang musim 2018/19.

 

Pria 51 tahun itu menggantikan Zinedine Zidane yang mengundurkan diri dari posisinya bulan lalu setelah membawa Los Blancos memenangkan trofi Liga Champions ketiga berturut-turut.

 

Lopetegui sebelumnya telah berkarir di beberapa klub Spanyol termasuk Rayo Vallecano dan tim Real Madrid B, dan pria asal Spanyol itu sekarang akan kembali ke kepelatihan level klub setelah mengelola Spanyol selama dua tahun.

 

Real Madrid membuat pernyataan di situs resmi mereka (12/6/2018): “Julen Lopetegui akan menjadi pelatih Real Madrid setelah turnamen Piala Dunia 2018.

 

“Real Madrid C. F. mengumumkan bahwa Julen Lopetegui akan menjadi pelatih tim pertama selama tiga musim berikutnya.

 

“Julen Lopetegui akan bergabung dengan klub setelah partisipasi Spanyol di Piala Dunia, setelah dua tahun memimpin tim nasional.”

 

Antonio Conte, Mauricio Pochettino, dan pelatih tim muda Blancos Guti sempat dikaitkan dengan kursi panas manajerial klub tetapi tampaknya Real Madrid memilih untuk menunjuk sosok yang sudah dikenalnya.

 

Selama karir sebagai pesepakbola, Lopetegui bermain untuk Real Madrid dan Barcelona sebelum memasuki manajemen sepakbola pada tahun 2003. Mantan pelatih FC Porto itu membawa Spanyol U-19 dan U-21 memenangkan gelar Eropa pada 2012 dan 2013 masing-masing.

 

Dan ketika diwawancarai di kamp pelatihan Spanyol tentang keputusan itu, Lopetegui mengatakan (via Marca 13/6/2018): “Ini adalah situasi yang saya juga terkejut, mendapat tawaran dari tim besar Eropa.

 

“Saya akui hal semacam ini membuat saya bingung karena sudah menandatangani kontrak baru dengan tim nasional, tetapi proyek yang ditawarkan Real Madrid selalu menarik dan saya juga ingat bahwa saya memulai karir sepakbola dari sana.

 

“Saya ingin berkembang lebih jauh dan menjawab tantangan dari klub bersejarah, tapi tentu saja saya ingin fokus lebih dulu dengan tim nasional.

 

“Ini adalah turnamen internasional pertama saya, dan sebelum saya pergi ke tempat lain, saya ingin memastikan bahwa saya benar-benar memberikan segalanya untuk Spanyol.

 

“Tujuannya selalu sama, menjadi juara. Karena tim ini juga menjadi unggulan untuk memenangkan turnamen yang kita tidak pernah tahu hasilnya seperti apa. Tapi saya merasa optimis.”