Luis Enrique Kini Merasa “Lebih Lega”

Luis Enrique

BolaSempakLuis Enrique telah mengkonfirmasi niatnya untuk meninggalkan Barcelona, meskipun ia bersikeras para pemain tidak kehilangan fokus.

 

Pelatih berusia 46 tahun itu memberitahu skuad dan kemudian media bahwa ia tidak akan memperpanjang kontraknya di Camp Nou – yang berakhir musim ini – menyusul kemenangan Barca atas Sporting Gijon pada pekan lalu.

 

Luis Suarez dan Ivan Rakitic mengaku terkejut dengan pengumuman pelatih mereka, dengan Barca merebut tahta Real Madrid di puncak klasemen La Liga dan berhasil membalikkan keadaan di leg kedua Liga Champions melawan Paris Saint-Germain dengan skor 6-1.

 

Meskipun Luis Enrique merasa lebih nyaman setelah membuat pengumuman, ia membantah anggapan bahwa pemainnya bisa kehilangan fokus.

 

“Saya tidak kehilangan kekuatan saya dalam beberapa hari,” katanya dalam konferensi pers. “Di satu sisi, saya sedikit lega.

 

“Kami fokus seperti biasa. Cukup jelas setelah pertandingan melawan Sporting, saya tidak akan membahas hal lain karena sudah dipastikan. Kami harus terus meraih kemenangan dan tak ingin tim lawan melakukan hal yang sama. Kami ingin menambahkan poin sebanyak mungkin tapi kami harus siap untuk memecahkan setiap situasi yang timbul.

 

“Anda harus memperhitungkan semua tim yang masih memiliki kesempatan matematis memenangkan La Liga.”

 

Luis Enrique telah mengatakan di masa lalu bahwa ia tidak akan pindah ke Premier League karena istrinya tidak ingin tinggal di Inggris, tetapi ia menyatakan bahwa sekarang hal itu bisa terjadi.

 

“Yang saya tahu adalah istri saya tidak ingin hanya di rumah,” jawabnya ketika ditanya tentang Liga Inggris. “Saya bisa menangani beberapa hal setelah berbicara dengannya (istri).”

 

Bicara tentang calon penggantinya, dengan Ernesto Valverde dari Athletic Bilbao dan Jorge Sampaoli yang melatih Sevilla menjadi salah satu favorit sebagai pelatih baru musim depan, Luis Enrique tidak tertarik membicarakan spekulasi di media.

 

“Saya tidak ingin menilai kandidat,” katanya. “Saya tidak pernah melakukan itu dan saya hanya berpikir tentang menyelesaikan musim dengan baik selama tiga bulan ke depan.”