Lopetegui: Saya Paham Dengan Keputusan Luis Enrique

Julen Lopetegui

BolaSempak Pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, mengerti dengan alasan Luis Enrique tinggalkan Barcelona karena tuntutan yang melelahkan saat menukangi juara bertahan La Liga.

 

Pada pekan lalu, Luis Enrique mengumumkan pengunduran diri sebagai pelatih Barca pada akhir musim.

 

Pelatih berusia 46 tahun itu habis kontrak pada bulan Juni dan terlihat memiliki banyak tekanan akhir-akhir ini, dianggap membutuhkan waktu istirahat sebagai faktor utamanya. Namun kabar tersebut tidaklah menjadi kejutan, setidaknya bagi Lopetegui.

 

“Saya mengerti keputusan yang dibuatnya, itu normal jika dia merasa lelah, untuk menjadi pelatih Barcelona ada banyak tekanan dan keharusan,” katanya. “Saya berbicara dari waktu ke waktu dengan dia tapi kami tidak pernah membahas mengenai hal ini, tapi saya mengerti dengan alasannya mengundurkan diri.

 

“Ini adalah keputusan pribadi yang sangat bijaksana dan tentu saja, menurutnya adalah yang terbaik.”

 

Setelah memenangkan tujuh trofi sebagai pemain di Camp Nou, Luis Enrique telah menikmati kesuksesan yang sama di kursi kepelatihan.

 

Sejak menggantikan Gerardo Martino, Luis Enrique telah membimbing raksasa Catalan meraih delapan gelar, termasuk dua mahkota La Liga, Liga Champions dan treble di musim 2014-15.

 

“Apa yang bisa dia banggakan adalah jumlah trofi untuk Barcelona,” lanjut Lopetegui. “Dia telah membuktikan dirinya sebagai pelatih kelas dunia.

 

“Dia memiliki karir yang hebat dan terus memperbaiki kualitasnya sebagai pelatih yang bisa dipercaya, dia masih muda dan memiliki ide-ide yang sangat baik. Tidak mengherankan jika dia akan segera kembali melatih lagi.

 

“Ada beberapa rumor tentang Inggris, dia bisa membuat pilihan itu dan bisa menunjukkan kapasitasnya dalam kompetisi yang lebih ketat. Apapun keputusannya dalam karir, dia tahu apa yang harus dilakukan.”