Coutinho Pilih Nomor 14 di Barcelona

bolasempak.com Philippe Coutinho akan mengenakan nomor punggung 14 di Barcelona, dengan raksasa Catalan tersebut mengkonfirmasi pada Rabu pagi.

 

Coutinho belum melakukan debut untuk klub tersebut karena berkutat pada masalah cedera paha, sementara tidak ada nomor punggung yang dikonfirmasi saat ia menyelesaikan perpindahan dari Liverpool bulan ini.

 

Kepergian Javier Mascherano ke tim Liga Super China, Hebei China Fortune, minggu ini telah membebaskan nomor 14 untuk Coutinho. Tapi saat Mascherano memakai nomor tersebut selama 7 tahun di Camp Nou, nomor 14 di Barcelona lebih dikaitkan dengan Johan Cruyff.

 

Legenda sepakbola Belanda itu bergabung dengan Barcelona dengan memecahkan rekor transfer dunia dan membantu klub tersebut meraih gelar La Liga pertama mereka setelah lebih dari satu dekade.

 

Cruyff kemudian kembali ke Catalan sebagai pelatih Barcelona dan dia dianggap sebagai salah satu tokoh terpenting dalam sejarah klub. Emmanuel Amunike (putra dari Johan Jordi) dan Thierry Henry adalah pemain yang mengenakan nomor punggung 14 di Barcelona.

 

Mengenai pemilihan nomor legendari tersebut, Coutinho yang sempat berseragam Inter Milan itupun mengatakan: “Yang pertama adalah saya senang dengan transfer yang diwujudkan.

 

“Ini adalah mimpi saya dan saya selalu melihat klub ini sebagai tim yang cocok untuk saya. Ditambah lagi dengan kesempatan menggunakan nomor 14, karena ini adalah nomor legendaris dan semuanya sukses dengan Barcelona. Para pemain legenda juga datang dengan nomor ini, dan seperti tujuan saya, trofi adalah alasan kepindahan saya dan saya ingin menjadi bagian dari legenda klub.”

 

Coutinho sebelumnya mengenakan nomor punggung 10 di Liverpool, namun kehadiran Lionel Messi memastikan pemain asal Brasil itu harus memilih nomor baru.

 

“10? Sepertinya memang tidak mungkin karena klub sudah memiliki Messi yang selalu bisa diandalkan dan dia adalah nomor 10 sejati. Dan saya juga ingin menjadi sesuatu yang berbeda dengan menggunakan nomor pilihan saat ini.”

 

Laporan di Spanyol juga menunjukkan nomor 7, yang sebelumnya dikenakan oleh Arda Turan, Pedro dan David Villa, untuk diserahkan pada Antoine Griezmann.

 

Tapi Barca telah “membantah keras” klaim yang bahwa mereka telah menyetujui kesepakatan untuk membawa striker asal Prancis itu di akhir musim.