Statistik Salah Satu Pertandingan Bersejarah di Serie A: AC Milan vs Juventus

BolaSempakHanya ada segelintir klub di dunia yang mengalami banyak sejarah seperti Juventus dan AC Milan, dua permata mahkota Serie A.

 

Jika digabungkan, mereka telah mengklaim 51 Scudetto, sementara ada banyak pertandingan tak terlupakan yang melibatkan dua klub tersebut selama bertahun-tahun.

 

Milan sedang mungkin mengalami musim yang sulit, namun keduanya memiliki tim penuh para pemain berbakat, menambah daftar panjang superstar untuk menghiasi pertandingan ini.

 

Dengan Juventus bertandang ke San Siro pada Sabtu malam berharap dapat menimbulkan penderitaan lebih lanjut pada Vincenzo Montella karena Milan telah menghabiskan banyak uang di bursa transfer.

 

Dan berikut ini adalah beberapa catatan menarik tentang dua raksasa Serie A tersebut.

 

 

Pencetak gol terbanyak

-Tidak ada pemain saat ini yang berada di lima besar pencetak gol terbanyak, dengan Alessandro Del Piero (7) dan Andriy Shevchenko (6).

-Felice Borel dan Giampiero Boniperti memimpin jalan bagi Juve dengan 9 gol, namun keduanya tidak dapat menyaingi Jose Alfatini yang mencetak 13 gol melawan raksasa Turin antara tahun 1958 dan 1965.

-Paulo Dybala masuk ke pertandingan ini dalam performa cemerlang dan dia diprediksi mampu manambah catatan dua gol melawan Milan sebelumnya.

 

Kemenangan terpanjang

-Sudah cukup lama sejak Milan merebut kemenangan atas Juve di liga, usaha terbaiknya adalah empat kemenangan berturut-turut Serie A antara 6 November 1960 dan 11 Maret 1962.

-Sebaliknya, hasil terbaik Juve melawan Rossoneri masih bisa dibilang baru. Klub berjuluk Bianconeri itu menikmati tujuh kemenangan beruntun di liga sejak 21 April 2013 sampai 9 April 2016.

-Pemain muda AC Milan, Manuel Locatelli, adalah pemutus rekor tersebut ketika Milan mengakhiri catatan buruk pada Oktober tahun lalu.

 

Hasil terbesar

-Milan pernah menang dengan skor 7-1 atas Bianconeri pada bulan Februari 1950. Trio Swedia “Gre-No-Li” mencetak lima gol ke gawang raksasa Turin.

-Kemenangan terbesar Juve terjadi 47 tahun kemudian pada bulan April 1997, dengan Vladimir Jugovic dan Christian Vieri masing-masing mendapat dua gol dalam kemenangan 6-1 di San Siro.

 

Yang paling banyak tampil

Sejak awal musim 1994-95, telah ada sejumlah pemain terkenal di dunia yang berpartisipasi pada pertandingan ini.

-Gianluigi Buffon telah menjadi pemain paling reguler yang tampil 26 kali, unggul satu kali atas Del Piero dan dua lainnya dari Paolo Maldini.

-Satu-satunya pemain saat ini yang masih aktif bermain untuk melawan Milan adalah Giorgio Chiellini (16) dan Claudio Marchisio (15).