Allegri: “Saya Paham Reaksi Buffon”

bolasempak.com Massimiliano Allegri membela reaksi Gianluigi Buffon setelah kapten Juventus itu diusir dari lapangan karena memprotes penalti jelang akhir pertandingan untuk Real Madrid di Liga Champions.

 

Juventus kalah dengan agregat 4-3 di babak perempat final, meskipun meraih kemenangan 3-1 dan dirugikan secara dramatis di Santiago Bernabeu.

 

Buffon dan Juve tampaknya bisa memaksa perpanjangan waktu setelah mengejar defisit 3-0 di leg pertama, sampai akhirnya Cristiano Ronaldo memupuskan harapan tim tamu melalui eksekusi penalti yang sangat keras.

 

Sang juara bertahan Eropa dianugerahi penalti setelah Lucas Vazquez dilanggar oleh Medhi Benatia, memicu aksi protes berlebihan dari Buffon sehingga mendapat kartu merah langsung dari wasit Michael Oliver.

 

“Ada banyak kebingungan, dan inilah yang terjadi,” kata Allegri pada ESPN (12/4/2018). “Gigi punya reaksi tapi hal itu bisa dimengerti.

 

“Saya tidak tahu apakah ini akan menjadi pertandingan terakhir Liga Champions untuknya, tetapi ada tiga detik tersisa dan kami dekat dengan hasil bersejarah, sesuatu yang digagalkan oleh hal mengejutkan.

 

“Itu adalah reaksi manusia dan saya pikir dia seharusnya mengerti. Pada saat itu ada banyak kebingungan dan wasit mengeluarkan kartu merah. Saya tidak pernah berbicara tentang satu insiden.

 

“Penalti, wasit melihat itu dan memberikan penalti. Tidak ada lagi yang bisa dikatakan. Ada banyak penyesalan di pihak kami karena tim bermain sangat baik malam ini dan di Turin selama 60 menit mereka juga bermain bagus.

 

“Hasilnya mengutuk kinerja tim tapi bukan segalanya. Itulah mengapa saya sangat yakin dengan penampilan malam ini.”

 

“Tidak ada VAR yang membuat kami kalah,” Allegri menambahkan. “Tidak banyak yang bisa dikatakan. Ini adalah masalah UEFA dan saya selalu mengatakan bahwa VAR adalah alat yang sangat penting untuk keputusan yang obyektif dan penting. Tapi tidak ada VAR dan kami harus menghadapinya.”

 

Allegri terlihat berbicara dengan Sergio Ramos yang absen karena skorsing, saat menuju ke lorong ruang ganti.

 

“Ramos mengatakan penalti itu adalah ‘claro’ (jelas) dan saya mengatakan kepadanya: ‘Tidak begitu’. Saya juga mengatakan kepadanya bahwa di leg pertama pada menit ke-92 ada penalti pada (Juan) Cuadrado ,” kata Allegri.

 

“Saya hanya mengatakan itu padanya. Tapi itu normal, harus ada reaksi dan penyesalan karena Buffon diusir. Benatia juga seharusnya diusir karena dia sudah punya satu kartu kuning. Jadi anggap saja pertandingan tadi penuh dengan kebingungan.”