Usmanov: Wenger Bisa Tentukan Sendiri Penerusnya

BolaSempak – Alisher Usmanov mendesak Arsenal untuk mencari kontinuitas dalam rangka menemukan sosok pengganti yang tepat bagi Arsene Wenger, dengan harapan bahwa pria asal Perancis tersebut akan terlibat dalam proses pemilihan.

 

Milyuner asal Rusia ini memiliki 30 persen saham di Arsenal dan mengakui kalau ia merasa khawatir terhadap cara penanganan saga masa depan Wenger yang hingga saat ini belum menemui titik temu. Wenger terus mendapatkan protes yang memintanya untuk segera meninggalkan klub yang telah ia latih selama 20 tahun terakhi tersebut akibat kegagalannya menjuarai Liga Primer Inggris dalam 13 tahun terakhir.

 

Belum ada keputusan yang diumumkan kepada publik seiring dengan kontrak Wenger yang akan berakhir di musim panas mendatang. Kabar yang beredar mengatakan kalau pelatih berjuluk The Professor ini akan dipertahankan, kendati akan mendapatkan penentangan dari sebagian kelompok pendukung Arsenal. Menyikapi hal ini, Usmanov percaya kalau rencana jangka panjang harus segera disusun demi masa depan klub.

 

“Terkadang sebuah kontinuitas diperlukan. Hal ini juga termasuk saat mempersiapkan calon pengganti untuk Wenger, tetapi tentu saja dengan cara yang terhormat. Saya dapat mengatakan kalau Wenger sendiri dapat menyiapkan penggantinya,” tukas Usmanov kepada Bloomberg.

 

Pria asal Rusia ini juga menyalahkan manajemen klub Arsenal dan juga pemilik Stan Kroenke yang membiarkan ketidakjelasan terus menggantung di Emirates Stadium. Ia mengatakan kalau mereka harus menanggung tanggung jawab yang besar.

 

“Saya rasa tidak pantas kalau pelatih (Wenger) sendiri yang harus disalahkan atas semua kejadian ini. Sayangnya, saya secara pribadi tidak dapat mengambil keputusan apapun di dalam klub. Semua tanggung jawab mengenai nasib klub ini berada di tangan para pemegang saham utama.”

 

Usmanov mungkin harus berpikir ulang untuk memberikan kuasa kepada Wenger dalam menentukan sendiri penggantinya kelak dengan berkaca kepada pengalaman Manchester United. The Red Devils memberikan kuasa penuh kepada Sir Alex Ferguson untuk menunjuk sendiri siapa suksesornya di kursi kepelatihan MU pada tahun 2013, dan kita semua tahu bagaimana hasil akhir dari keputusan manajemen MU tersebut. (AA)