Tekuk Bournemouth, Chelsea Jaga Jarak

BolaSempak – Chelsea melanjutkan misi mengunci gelar juara Liga Primer Inggris dengan mengembalikan keunggulan tujuh poin di puncak klasemen sementara liga dengan meraih kemenangan dengan skor 3-1 atas Bournemouth.

 

Keunggulan Chelsea di puncak sempat dipangkas menjadi empat poin berkat kemenangan Tottenham Hotspur atas Watford City dengan skor 4-1, tetapi tekanan tersebut tidak berpengaruh banyak bagi anak-anak asuh Antonio Conte yang mencatatkan kemenangan tandang ketiga secara beruntun.

 

Bournemouth sejatinya tidak tampil buruk di laga ini. Bahkan anak-anak asuh dari Eddie Howe ini memiliki peluang lebih dulu. Umpan lambung dari Ryan Fraser berusaha dihalau oleh David Luiz. Bola namun malah bergulir ke gawang sendiri, membuat Thibaut Courtois harus terbang untuk menepis peluang tak disengaja tersebut.

 

Fraser kembali mendapatkan peluang, tetapi ia gagal menaklukkan Courtois kendati sudah berada dalam posisi one on one setelah menerima umpan dari Jack Wilshere. Kegagalan ini harus dibayar mahal, karena hanya beberapa menit setelahnya, Chelsea berhasil membuka skor.

 

Umpan silang dari Victor Moses berhasil dikontrol dengan baik oleh Diego Costa yang kemudian berbalik badan untuk melakukan tendangan. Bola hasil tendangan Costa berubah arah dengan drastis setelah membentur kepala Adam Smith, membuat Artur Boruc yang sudah terlanjur bergerak ke arah berlawanan tidak sempat memperbaiki posisi dan hanya bisa melihat bola bergulir masuk ke dalam gawang.

 

Tiga menit kemudian, The Blues menggandakan keunggulan melalui gol Eden Hazard. Pemain asal Belgia ini mencetak gol di tiap tiga laga terakhirnya menghadapi Bournemouth, kemarin malam melanjutkan catatan oke tersebut. Mendapatkan umpan jauh yang luar biasa dari N’Golo Kante, Hazard berlari kencang ke dalam kotak pinalti, melewati Boruc untuk kemudian menceploskan bola ke gawang kosong.

 

Skor 2-0 kemudian belum menjadi skor akhir pada babak pertama, karena secara tak terduga Bournemouth mampu menyamakan kedudukan. Seperti ingin membalas gol bunuh diri dari Luiz, gol tersebut datang setelah tendangan keras Joshua King membentur kaki bek asal Brazil tersebut dan sedikit berubah arah. Walau demikian, gol tersebut diberikan kepada King, bukan sebagai gol bunuh diri Luiz. Gol tersebut menjadi gol ke-10 dari King dari 11 laga Liga Primer Inggris terakhirnya.

 

Di babak kedua, Bournemouth berniat mengulangi laga mereka sebelumnya dimana mereka mampu mencetak gol telat untuk menyamakan kedudukan kontra Liverpool. Tetapi kisah manis tersebut tidak terulang, karena justru Chelsea yang memperbesar keunggulan. Marcos Alonso mengeksekusi tendangan bebas dengan sempurna tanpa mampu dihalau oleh Boruc. Gol tersebut merupakan yang kelima baginya musim ini, sekaligus memberikan tiga poin krusial bagi The Blues.

 

Chelsea mempertahankan keunggulan tujuh poin dari Tottenham berkat kemenangan ini, sementara The Cherries tertahan di peringkat 15, tujuh poin di atas zona degradasi. (AA)