”Super Salah” Amankan Penghargaan Premier League Golden Boot

Mohamed Salah

bolasempak.com Mohamed Salah akhirnya mengalahkan dua gol yang dicetak Harry Kane pada pekan terakhir untuk mengklaim Premier League Golden Boot.

 

Striker berkebangsaan Mesir yang memulai pertandingan dengan keunggulan 3 gol dari rival terdekat, menambah rekor dengan gol pembuka Liverpool dalam kemenangan 4-0 atas Brighton & Hove Albion.

 

Separuh golnya di Anfield mencatatkan total 32 gol di Premier League sepanjang musim ini, rekor baru untuk kompetisi dalam 38 pertandingan.

 

Salah juga mendapatkan musim perdana yang spektakuler di sisi Merseyside, dengan kontribusi dilapangan menambahkan sejumlah penghargaan individu, termasuk (PFA) Player of the Year dan The Football Writers Association’s (FWA) Footballer of the Year.

 

Pemain berusia 25 tahun itu menjadi pemain Liverpool pertama yang menempati posisi puncak top-skorer di Premier League sejak Luis Suarez (ang mencetak 31 gol dalam 33 penampilan liga) pada tahun 2014.

 

Dan Harry Kane  yang telah meraih penghargaan tersebut dua musim terakhi, melakukan segalanya untuk menutup kesenjangan dengan mencetak 2 gol untuk kemenangan Tottenham atas Leicester City (5-4), tetapi berakhir dengan selisih 2 gol dari Mo Salah.

 

Namun, brace itu adalah yang pertama kali di Wembley Stadium sejak apa yang dilakukan Andrew Cole dan Alan Shearer pada musim 1993-94, dengan dua nama tersebut mencetak 30 gol dalam satu musim.

 

Dan akhirnya, Salah yang ditanya tentang pencapaiannya musim ini, mengungkapkan kegembiraannya.

 

“(Pencapaian) ini sangat istimewa,” kata Salah kepada Sky Sports (14/5/2018). “Dalam pikiran saya adalah selalu membantu tim untuk memenangkan pertandingan, sekarang kami berada di Liga Champions untuk musim depan dan saya telah memenangkan penghargaan, jadi saya sangat bangga.

 

“Saya mencoba untuk meningkatkan permainan setiap tahun, jadi saya sangat senang. Ini adalah hari dan hal yang sangat istimewa ketika memecahkan rekor di sini.”

 

Bintang asal Mesir itu juga ditanya tentang peluang timnya di final Liga Champions, dimana itu adalah yang pertama setelah The Reds memenangkan turnamen pada tahun 2005.

 

“Saya optimis, ada banyak hal yang bisa kami lakukan di pertandingan terakhir (Liga Champions),” tambah Salah. “Jadi mudah-mudahan ada kejutan di penutupan musim ini.”