Soal Stadion Baru Tottenham, Wenger: “Mereka Mungkin Harus Jual Kane ke Arsenal”

Harry Kane,Arsene Wenger

bolasempak.com Arsene Wenger memperingatkan Tottenham bahwa mereka mungkin harus menjual aset berharga seperti Harry Kane untuk membantu pengembangan stadion baru, dimana manajer asal Prancis itu juga bergurau sambil mengatakan bahwa striker Inggris itu bisa berakhir di Emirates Stadium.

 

Tottenham akan memainkan pertandingan Liga Champions di stadion baru yang lebih canggih musim depan, dimana renovasi White Hart Lane akan menampung 62.000 suporter.

 

Hal ini menjadi investasi mahal bagi Spurs, yang bisa melihat Tottenham berpisah dengan dua kali pemenang Premier League Golden Boot (Harry Kane), menurut Wenger.

 

“Dampak dari transfer telah banyak meningkat dalam beberapa tahun terakhir,” kata Wenger dilansir Eurosport (13/5/2018). “Harga untuk stadion telah berlipat ganda.

 

“Transfer pemain telah meningkat tiga kali lipat atau empat kali lipat. Pemain seharga £ 10 juta saat kami membangun stadion yang sangat besar.

 

“Dan hari ini pemain seperti Kane, saya tidak begitu tahu andai mereka bisa menjualnya. Apakah £ 100 juta? Mungkin mereka (Tottenham) bisa mendapat keuntungan besar. Tapi mereka harus menghadapi segala kemungkinan. Apakah mereka harus menjual pemain itu? Mungkin ke Arsenal tepatnya.”

 

Wenger yang akan mengakhiri karir selama 22 tahun sebagai manajer Arsenal, mengetahui bahwa “perubahan” stadion akan memberi dampak positif.

 

Pria berkebangsaan Prancis itu menjadi salah satu aktor ketika Arsenal pindah dari Highbury ke Emirates Stadium yang membutuhkan dana hingga £ 390 juta pada tahun 2006.

 

Hal itu juga membuat persaingan gelar Arsenal memudar setelah pindah ke Emirates dan The Gunners masih menunggu gelar Premier League pertama mereka sejak 2004.

 

Namun, Wenger tidak menyesal sambil berkata: “Saya percaya Highbury memiliki semangat spesial di dalamnya. Ini seperti katedral. Anda bisa mencium jiwa setiap orang yang bermain di sana. Jadi itu adalah situasi istimewa dan selalu spesial bagi saya.

 

“Emirates bagi saya seperti membeli rumah baru. Kami butuh beberapa waktu untuk merasa seperti di rumah. Ini adalah stadion yang fantastis, tetapi ada sesuatu yang istimewa di Highbury yang tidak pernah bisa Anda dapatkan kembali ketika Anda membangun sesuatu yang baru.

 

“Tapi kami harus melakukannya. Tidak ada klub yang bisa mengubah pemikiran orang-orang yang ingin menghadiri pertandingan. Saat itu saya pikir kami terlalu ambisius dengan 60.000 (kursi), tapi pada akhirnya itu berhasil.”