One-Mane Team Bekuk Tottenham Hotspur

BolaSempak – Menghadapi Tottenham Hotspur, tim yang ada di peringkat kedua, Liverpool datang dengan bekal satu kemenangan dari 10 laga terakhir, namun Sadio Mane menunjukkan apa penyebab rentetan hasil buruk yang dialami oleh Liverpool sepanjang tahun 2017.

 

Winger asal Senegal tersebut tidak ikut bertanding selama hampir satu bulan karena harus membela negaranya di ajang Piala Afrika dan hanya dapat menonton rekan-rekan satu timnya mendulang kekalahan demi kekalahan. Dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris melawan Tottenham yang lebih diunggulkan, Mane mengamuk dan mencetak dua gol dalam waktu kurang dari 2 menit untuk membawa Liverpool menang 2-0.

 

Berbeda dengan Liverpool yang sedang dalam kondisi babak belur, Tottenham memasuki laga dengan modal performa bagus. Sempat tampil buruk di awal musim, skuad besutan Mauricio Pochettino mulai memasuki performa terbaik di tahun 2017 ini. Kendati tidak diunggulkan, justru Liverpool-lah yang mengambil kendali permainan sejak awal laga.

 

Kombinasi trio lini depan Liverpool yaitu Mane, Philippe Coutinho, dan Roberto Firmino kembali tampil apik, ditunjang oleh Adam Lallana dari lini tengah. Tottenham tampak tidak mampu mengimbangi permainan Liverpool. Absennya bek andalan Jan Vertonghen dan Danny Rose membuat pertahanan Spurs tidak setangguh biasanya. Eric Dier dan Ben Davies yang dimainkan sebagai pengganti kedua pemain tersebut tampak tidak memiliki kualitas yang setara.

 

Hasilnya dapat terlihat di menit ke-16. Umpan terobosan dari lini tengah dengan mudahnya memecah pertahanan Spurs. Bola diterima oleh Mane yang berlari kencang ke depan gawang untuk kemudian menaklukkan Hugo Lloris dengan dingin. Belum selesai gemuruh penonton di stadion Anfield, gawang Spurs telah kembali jebol lagi-lagi oleh Mane. Berawal dari skema yang sama dengan gol pertama, bola muntah hasil tendangan Firmino yang diblok oleh Lloris berhasil ditembakkan Mane ke dalam gawang. Hingga akhir laga, Liverpool tak mampu dikejar oleh Spurs yang gagal menciptakan peluang bersih sepanjang 90 menit.

 

Hasil ini membawa Liverpool sementara naik ke posisi empat, menggeser Manchester City yang baru akan berlaga nanti. (AA)